Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vietnam Perintahkan Para Diplomatnya Amankan Vaksin Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 02 April 2021, 21:54 WIB
Vietnam Perintahkan Para Diplomatnya Amankan Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19/Net
rmol news logo Vietnam berusaha meminta bantuan Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, dan Jepang untuk mendapatkan pasokan vaksin Covid-19 bagi warganya.

Kementerian Kesehatan pada Jumat (2/4) melaporkan, Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long telah meminta bantuan kedutaan di Jepang untuk kerja sama transfer teknologi produksi dan pengujian vaksin.

Long juga meminta perwakilan di AS untuk membantu program vaksinasi Vietnam dengan mengamankan pasokan dari produsen negeri Paman Sam.

Sementara kepada perwakilan di Uni Eropa, Long memintanya agar melakukan pendekatan dengan produsen vaksin agar berinvestasi di Vietnam.

Reuters melaporkan, Long juga telah melakukan pertemuan dengan diplomat dari China, India, dan Rusia untuk membahas vaksin Covid-19.

Vietnam berencana untuk memvaksinasi 70 persen dari 98 juta populasinya pada akhir tahun ini, yang membutuhkan 150 juta dosis vaksin. Sejauh ini, pemerintah sudah menyuntik vaksin 51.200 orang.

Vietnam telah menerima sekitar 930 ribu dosis vaksin AstraZeneca dan akan menerima 4,1 juta sosis vaksin dari mekanisme Covax pada Mei.

Kendati begitu, Vietnam ingin melakukan kerja sama dengan sejumlah produsen vaksin, seperti Pfizer, Johnson & Johnson, Moderna, Sinovac, dan Sputnik V.

Di dalam negeri, empat perusahaan Vietnam tengah mengembangkan vaksin lokal, dua di antaranya sudah memasuki uji klinis pada manusia. Salah satu vaksin andalannya, Nanocovax diperkirakan sudah bisa digunakan pada 2022.

Vietnam telah banyak dipuji karena berhasil mengontrol penyebaran virus corona dengan pengujian massal dan karantina secara ketat. Negara itu mencatat 2.620 kasus Covid-19, dengan 35 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA