Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lalu Lintas Terusan Suez Kembali Normal, Semua Kapal Yang Mengantre Sudah Berlayar Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 April 2021, 07:44 WIB
Lalu Lintas Terusan Suez Kembali Normal, Semua Kapal Yang Mengantre Sudah Berlayar Lagi
Kapal Ever Given yang terjebak di kanal Suez berhasil dibebaskan/Net
rmol news logo Terusan Suez kembali beroperasi dengan normal. Seluruh kapal yang terdampar akibat lalu lintas perairan yang lumpuh selama kandasnya kapal kontainer raksasa Ever Given di kanal Suez sudah kembali berlayar ke tujuannya masing-masing.

Otoritas Terusan Suez (SCA) mengatakan terdapat 422 kapal yang mengantre selama proses penyelamatan Ever Given yang memakan waktu enam hari. Sebanyak 61 kapal terakhir berhasil melintas pada Sabtu (3/4).

"Totalnya, 85 kapal telah melewati kanal pada Sabtu, termasuk 24 kapal yang tiba setelah Ever Given ditarik," kata SCA, seperti dikutip Reuters.

Kapal Ever Given sepanjang 400 meter terjebak di kanal Suez pada 23 Maret yang membuat salah satu jalur perairan terpenting di dunia itu lumpuh total. Pada 29 Maret, otoritas berhasil membebaskannya setelah melakukan pengerukan dan operasi penarikan dengan  kapal tunda.

Namun akibatnya, rantai perdagangan dunia mengalami gangguan. Pemerintah Mesir diperkirakan mengalami kerugian sebesar 1 miliar dolar AS akibat insiden tersebut. Sementara banyak kapal yang beralih melewati jalur ke Tanjung Harapan yang membuat ongkos lebih mahal.

Peristiwa terjebaknya Ever Given dilaporkan terjadi karena cuaca buruk, di mana kapal kehilangan kontrol selama badai pasir. Tetapi SCA sendiri masih melakukan penyelidikan dan tidak mengesampingkan adanya kesalahan manusia.

“Investigasi berjalan dengan baik dan akan memakan waktu dua hari lagi, baru kami umumkan hasilnya,” ujar Ketua SCA, Osama Rabie pada Jumat malam (2/4). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA