Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Ingin China Mainkan Peran Untuk Skenario Denuklirisasi Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 April 2021, 09:51 WIB
Korea Selatan Ingin China Mainkan Peran Untuk Skenario Denuklirisasi Korea Utara
Presiden China, Xi Jinping dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un/Net
rmol news logo Korea Selatan menaruh harapan yang besar pada China untuk membantu memainkan peran dalam proses negosiasi denuklirisasi dengan Korea Utara.

Harapan itu juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Chung Eui-yong ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi dalam kunjungannya ke Xiamen pada Sabtu (3/4).

"Korea Selatan dan China memiliki tujuan yang sama menuju denuklirisasi Semenanjung Korea dan menuju kebijakan perdamaian permanen," ujar Chung, seperti dikutip Yonhap.

Kepada Wang, Chung juga menyampaikan undangan pemerintah Korea Selatan agar Presiden Xi Jinping dapat berkunjung jika pandemi Covid-19 sudah stabil.

Menanggapi harapan Chung, Wang mengatakan China dan Korea Selatan telah sepakat untuk mendorong penyelesaian masalah di Semenanjung Korea.

Selain Korea Selatan, Amerika Serikat (AS) juga mendorong China untuk menekan Korea Utara agar menghentikan program rudal balistik dan nuklirnya. Lantaran menurut Washington, Beijing dan Pyongyang memiliki hubungan yang unik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA