Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

'Kill The Bill', Gerakan Protes Warga Inggris Tolak RUU Polisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 April 2021, 10:46 WIB
'Kill The Bill', Gerakan Protes Warga Inggris Tolak RUU Polisi
Demonstrasi menolak RUU polisi di Inggris/Net
rmol news logo Seruan "Kill the Bill", yang berarti bunuh RUU, terdengar di seluruh penjuru Inggris. Ribuan demonstran turun ke jalan untuk menolak RUU untuk memberikan kekuatan ekstra kepada polisi untuk menghentikan protes.

Dari laporan Reuters, aksi demo dilakukan di puluhan kota secara massal pada Sabtu (3/4). Demo didukung oleh kelompok aktivis perubahan iklim, Extinction Rebellion, dan gerakan Black Lives Matter.

"(Saya di sini) untuk membela hak kebebasan berbicara, dan hak organisasi dalam masyarakat kita," ujar mantan pemimpin oposisi Partai Buruk, Jeremy Corbyn yang ikut dalam demonstrasi di London.

Hampir semua aksi berjalan dengan damai, meski terjadi bentrokan kecil di pusat kota London antara demonstran dan polisi.

"Operasi kepolisian di pusat kota London sekarang telah pindah ke tahap penegakan hukum dan penangkapan sedang dilakukan," ujar Kepolisian Metropolitan London di Twitter.

RUU Polisi, Kejahatan, Hukuman dan Pengadilan bertujuan untuk memperkuat langkah-langkah yang dapat diambil petugas untuk membubarkan demonstrasi, seperti memberlakukan batas waktu dan kebisingan.

RUU itu dikhawatirkan akan digunakan untuk mengekang perbedaan pendapat.

Munculnya RUU itu bertepatan setelah Extinction Rebellion berhasil melumpuhkan sebagian kota London pada awal 2019 untuk melakukan aksi demo. Hal itu mendorong beberapa politisi menyerukan kekuasaan lebih pada polisi.

Sejak RUU di bawa ke parlemen pada bulan lalu, telah terjadi demonstrasi sporadis di seluruh negeri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA