Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makin Solid, Iran Tingkatkan Ekspor Tiga Kali Lipat Ke China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 April 2021, 11:53 WIB
Makin Solid, Iran Tingkatkan Ekspor Tiga Kali Lipat Ke China
Presiden Iran, Hassan Rouhani dan Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Iran bisa meningkatkan ekspornya ke China hingga tiga kali lipat pada tahun ini sesuai dengan perjanjian kemitraan strategis komprehensif yang telah ditandatangani keduanya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pada 27 Maret, Iran dan China menandatangani perjanjian tersebut yang menguraikan peta jalan kerja sama ekonomi kedua negara  untuk 25 tahun ke depan.

Press TV pada Sabtu (3/4) melaporkan, jika ekspor Iran ke China meningkat hingga tiga kali lipat, maka nilainya menjadi hampir 27 miliar dolar AS dalam beberapa tahun ke depan.

Kepala Organisasi Promosi Perdagangan (TPO) Iran, Hamid Zadboum mengatakan, ekspor non-minyak ke China telah mencapai 9 miliar dolar AS. Namun posisi ekspor Iran ke China telah terdiversifikasi dari waktu ke waktu.

Menurut Zadboum, ekspor dapat dengan mudah naik tiga kali lipat dalam beberapa tahun ke depan karena produk Iran menjadi lebih umum di antara pelanggan China.

"Jika seseorang berhasil menemukan pasar untuk suatu produk di China, dia akan menghadapi permintaan yang sangat besar," ujarnya.

Zadboum mengatakan, kesepakatan tersebut akan menghasilkan peningkatan produksi produk energi di Iran untuk diekspor ke pasar China.

China merupakan mitra dagang terbesar Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut draf perjanjian kerja sama Iran-China yang dirilis tahun lalu, China akan berkomitmen untuk investasi yang signifikan di sektor energi Iran dengan imbalan Teheran menjamin pasokan yang stabil dari produk minyak mentah dan minyak bumi ke China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA