Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Transportasi Taiwan Siap Mundur Usai Tangani Kecelakaan Maut Kereta Api Di Hualien

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 April 2021, 14:36 WIB
Menteri Transportasi Taiwan Siap Mundur Usai Tangani Kecelakaan Maut Kereta Api Di Hualien
Proses evakuasi kereta api ekspres yang menabrak truk di Hualien, Taiwan/Net
rmol news logo Kecelakaan maut kereta api di Taiwan beberapa hari yang lalu memicu berbagai pertanyaan terkait kinerja Kementerian Transportasi.

Menteri Transportasi Lin Chia-lung dilaporkan telah menyampaikan usulan pengunduran dirinya akibat insiden tersebut pada Sabtu (3/4). Namun pengunduran diri itu ditolak oleh Perdana Menteri Su Tseng-chang, dan memintanya untuk fokus pada penyelamatan serta pemulihan.

Pada Minggu  (4/4), Lin menegaskan ia tidak akan melalaikan tanggung jawabnya atas kecelakaan yang menewaskan 51 orang tersebut.

Hal itu disampaikan Lin ketika memantau lokasi kecelakaan di Hualien yang diapit oleh laut dan pegunungan terjal.

"Saya juga bertugas meminimalkan kerusakan akibat keseluruhan kecelakaan. Setelah seluruh pekerjaan penyelamatan selesai, saya yakin saya akan bertanggung jawab," ujar Lin, seperti dikutip Reuters.

Kecelakaan kereta api terburuk dalam sejarah Taiwan untuk tujuh dekade terakhir itu terjadi pada Jumat (2/4). Kecelakaan terjadi ketika kereta api ekspres yang padat penumpang menabrak sebuah truk, membuatnya tergelincir dan keluar dari rel.

Kementerian transportasi, dan administrasi kereta api yang berada di bawahnya, menghadapi sorotan atas sejumlah pertanyaan, termasuk mengapa tidak ada pagar yang layak di lokasi tersebut dan apakah terlalu banyak tiket khusus yang terjual.

Wakil Menteri Transportasi Wang Kwo-tsai mengatakan administrasi kereta api perlu memperhatikan dengan seksama semua masalah ini.

Administrasi perkeretaapian juga tidak memiliki direktur tetap setelah mantan ketuanya pensiun pada Januari. Posisi tersebut sedang diisi oleh wakil menteri transportasi lainnya, Chi Wen-chung.

Wang berkata Lin sedang bekerja keras untuk menemukan orang yang tepat untuk mengisi pekerjaan itu.

Sementara itu, pemerintah telah menjanjikan kompensasi dan akan melakukan apa saja untuk membantu para korban dan kerabat mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA