Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Produk Pangan Dan Makanan Minuman Indonesia Warnai Cairo Supermarket Expo 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 05 April 2021, 15:54 WIB
Produk Pangan Dan Makanan Minuman Indonesia Warnai Cairo Supermarket Expo 2021
Stand Indonesia di Supermarket Expo 2021 yang digelar di Cairo Convention & Exhibition Center, Kairo, Mesir/KBRI Mesir
rmol news logo Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan partisipasi Indonesia pada pameran  Supermarket Expo 2021 yang digelar di Cairo Convention & Exhibition Center, Kairo, Mesir yang digelar sejak akhir pekan kemarin (Minggu, 4/4).

Partisipasi Indonesia pada pameran bergengsi ini merupakan upaya kolaborasi antara KBRI Cairo dengan importir dan distributor tunggal produk, Mayora, serta Egyptian Saudi Company. Partisipasi ini merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk memperluas eksistensi dan peningkatan ekspor Indonesia, khususnya pada produk pangan, hasil pertanian dan  makanan minuman di pasar Mesir.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf membuka Paviliun Indonesia. Dia mengatakan bahwa melalui pameran Supermarket Expo ke-6 ini,  Indonesia tidak hanya memamerkan keunggulan produk pangan, produk makanan dan minuman tapi juga dapat mempromosikan produk strategis Indonesia, keindahan alam dan obyek wisata serta promosi pendidikan dan kebudayaan Indonesia. 

“Lebih dari 60 persen ekspor Indonesia ke Mesir adalah produk pangan dan produk makanan minuman, Indonesia harus bisa meningkatkan volume ekspor yang lebih besar, salah satunya kehadiran pada Supermarket Expo ini dan partisipasi pada berbagai pameran dagang di Mesir, selain itu produk lainnya yang berpeluang dan berpotensi masuk akan difasilitasi,” ujar Dubes Lutfi, seperti keterangan yang diterima redaksi (Senin, 5/4).

Sementara itu, Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi menerangkan, Paviliun Indonesia ini diisi oleh beragam produk dari tanah air, seperti produk biji kopi, rempah-rempah, kelapa serut, briket dan chips dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia  (PT.PPI), produk mie, teh seduh, sabun deterjen, sabun pembersih, dan sterilizer, minuman ringan dari PT Sosro  serta produk-produk Mayora yang secara khusus membuat counter penjualan langsung produk minuman kopi dan biskuit.

Dia menerangkan bahwa ekspor kopi Indonesia ke Mesir pada 2020 menempati urutan pertama dengan nilai Rp 726 miliar.  Sedangkan untuk biskuit,  nilai ekspor pada 2020 mencapai mencapai Rp 1,3 miliar. 

“Dalam pameran Supermarket Expo hari ini pertama ini saja telah ada permintaan produk buah-buahan tropis Indonesia diantaranya nenas, manggis, durian, buah naga dan sirsak, dan permintaan ini segera ditindaklanjuti,” ungkap Irman.

Dalam pembukaan Paviliun Indonesia yang menempati lahan 40 meter persegi ini, hadir pula Duta Besar RI untuk PEA, Husin Bagis, Wakeppri M Aji Surya, Korfung Ekonomi, Korfung Pensosbud, Atdikbud beserta jajaran KBRI Cairo lainnya serta perwakilan PT PPI diantaranya Andry Tanudjaja, Direktur Komersil PT PPI, Serly dan Annisa Divisi Marketing Internasional PT PPI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA