Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pidato Perdana, PM Pham Minh Chinh Punya Lima Fokus Mempercepat Reformasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 05 April 2021, 21:49 WIB
Pidato Perdana, PM Pham Minh Chinh Punya Lima Fokus Mempercepat Reformasi
Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh/Net
rmol news logo Resmi terpilih sebagai Perdana Menteri Vietnam yang baru, Pham Minh Chinh mengungkap sejumlah langkah yang akan ia lakukan untuk mempercepat proses reformasi.

Dalam pidato pertamanya usai upacara pelantikan pada Senin (5/4), Chinh menyampaikan pentingnya peran pemerintah untuk membangun dan mengembangkan bangsa, menjaga kemerdekaan nasional, kedaulatan, persatuan, dan keutuhan wilayah.

Lewat kesempatan yang sama, Chinh juga menekankan perlunya menyusun rencana aksi untuk menjalankan resolusi yang telah diadopsi pada Kongres Partai Nasional ke-13.

Ada lima fokus yang akan disoroti selama pemerintahan Chinh.

Pertama, untuk meningkatkan lembaga, mekanisme, dan kebijakan ekonomi pasar yang berorientasi sosialis, serta berinovasi model pertumbuhan dan restrukturisasi ekonomi.

"Desentralisasi kekuasaan akan diperkuat lebih lanjut sementara tanggung jawab organisasi dan individu akan diperjelas untuk mempromosikan otonomi dan kreativitas di semua tingkatan dan sektor," ujarnya, seperti dikutip dari VGP News.

Kedua, meningkatkan pembangunan negara berlandaskan hukum dengan memperkuat disiplin aparatur negara dan seluruh lapisan masyarakat, aktif memerangi dan mencegah korupsi, berani berbuat  dan berani bertanggung jawab.

Kemudian ketiga, berupaya untuk memobilisasi secara efektif semua sumber daya untuk mendukung pembangunan nasional, di antaranya membangun infrastruktur strategis, transformasi digital dan ekonomi berbasis iptek, hingga  menciptakan lingkungan yang kondusif bagi bisnis.

Termasuk aktif mengatasi dampak bencana nasional, perubahan iklim, pencemaran lingkungan, dan epidemi, khususnya pandemi Covid-19.

Keempat, pemerintahan Chinh juga dengan tegas dan gigih fokus untuk menjaga kemerdekaan nasional, kedaulatan, keutuhan wilayah dengan menjamin pertahanan, keamanan, ketertiban sosial, dan keselamatan nasional.

Dalam kebijakan luar negeri akan fokus  pada kemandirian, multilateralisme dan diversifikasi perdamaian, kerja sama dan pembangunan, serta integrasi internasional yang aktif dan proaktif.

Kelima, untuk setiap kebijakan, pemerintahan Chinh juga akan membangun mekanisme yang mempromosikan nilai-nilai budaya dan kemanusiaan, yang berfungsi sebagai penggerak pembangunan sosial-ekonomi.

Ia juga akan mengembangkan sistem kesejahteraan sosial yang inklusif, dengan fokus pada daerah terpencil, perbatasan, kepulauan, daerah pemukiman etnis, dan kelompok rentan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA