Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Telepon Wang Yi, Menlu Jepang Prihatin Dengan China Yang Semakin Agresif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 05 April 2021, 22:27 WIB
Telepon Wang Yi, Menlu Jepang Prihatin Dengan China Yang Semakin Agresif
Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi/Net
rmol news logo Agresivitas China di Laut China Timur dan Laut China Selatan, serta terhadap kelompok minoritas Uighur di Xinjiang menjadi keprihatinan tersendiri bagi Jepang.

Hal itu juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi ketika melakukan panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi pada Senin (5/4).

Kementerian Luar Negeri Jepang dalam pernyataannya menyebut Motegi menyampaikan keprihatinan yang kuat atas "serbuan" China ke perairan sengketa. Motegi juga membahas situasi Hong Kong dan hak asasi manusia terhadap minoritas Uighur.

"Beliau juga menyerukan tindakan nyata," kata  kementerian tanpa memberikan rincian, seperti dikutip Reuters.

Keduanya juga membahas berbagai masalah regional dan menyepakati pentingnya kerja sama internasional untuk menyelesaikan situasi di Myanmar, di mana kudeta telah diikuti dengan tindakan keras militer yang brutal terhadap protes jalanan.

China mengklaim sekelompok pulau tak berpenghuni yang dikendalikan Jepang, yang disebut Senakaku di Jepang dan Diaoyu di China. Masalah tersebut telah mengganggu hubungan bilateral selama bertahun-tahun.

Sementara baru-baru ini, China mengerahkan ratusan kapalnya ke dekat Whitsun Reef, Laut China Selatan yang membuat Filipina naik pitam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA