Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap Berperang Lawan China, Taiwan Gencar Perkuat Militer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 07 April 2021, 13:39 WIB
Siap Berperang Lawan China, Taiwan Gencar Perkuat Militer
Ilustrasi bender Taiwan/Net
rmol news logo Taiwan telah bertekad untuk mempertahankan diri hingga titik darah penghabisan jika China memutuskan menyerang.

Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu mengatakan, berdasarkan pengamatan dari Amerika Serikat (AS), terdapat peningkatan ancaman dari China terhadap Pulau Formosa.

"Dari pemahaman saya yang terbatas, para pembuat keputusan Amerika yang mengamati perkembangan di wilayah ini dengan jelas melihat bahaya kemungkinan China melancarkan serangan terhadap Taiwan," kata Wu pada Rabu (7/4).

Meski begitu, Wu menegaskan Taiwan akan berjuang sampai akhir jika China menyerang.

"Kami bersedia membela diri tanpa pertanyaan dan kami akan berperang jika kami perlu berperang. Dan jika kita perlu mempertahankan diri kita sendiri sampai hari terakhir, kita akan membela diri kita sendiri sampai hari terakhir," tegas dia.

Wu mengungkap, Taiwan juga bertekad untuk meningkatkan kemampuan militernya, termasuk menambah anggaran pertahanannya.

“Pertahanan Taiwan adalah tanggung jawab kami. Kami akan mencoba segala cara yang kami bisa untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kami," ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut akan melakukan latihan perang berbasis komputer selama delapan hari.

Fase pertama merupakan latihan perang tahunan terbesar Taiwan yang disebut Han Kuang. Sementara fase kedua merupakan latihan tembak langsung pada Juli.

Fase kedua akan melibatkan mobilisasi sekitar 8.000 pasukan cadangan untuk bergabung dengan latihan tembak langsung, latihan anti-pendaratan, sementara rumah sakit mengadakan latihan untuk menangani masuknya banyak korban.

Taiwan merupakan wilayah yang diklaim oleh China. Dalam beberapa waktu terakhir, China terus menjngkatkan aktivitas militernya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA