Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mesir Minta Ganti Rugi 1 Miliar Dolar Atas Insiden Kapal Ever Given

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 07 April 2021, 14:51 WIB
Mesir Minta Ganti Rugi 1 Miliar Dolar Atas Insiden Kapal Ever Given
Ilustrasi Kargo Ever Given di Terusan Suez/Net
rmol news logo Kandasnya kapal kargo raksasa Ever Given di kanal Terusan Suez bukan hanya mengganggu rantai pasokan global, namun juga memicu kerugian besar untuk banyak pihak.

Salah satu kerugian terbesar dialami oleh pemerintah Mesir. Ketua Otoritas Terusan Suez (SCA), Osama Rabie mengatakan kerugian yang dialami pihaknya bisa mencapai lebih dari 1 miliar dolar AS.

Mengutip Sputnik pada Rabu (7/4), pihak berwenang saat ini tengah berunding dengan pemilik kapal Ever Given untuk membahas penyelesaian kompensasi.

"Kami akan meminta jumlah yang adil. Kami menyelamatkan mereka dengan begitu banyak kapal tanpa kerusakan atau kerugian besar," kata Rabie.

Menurut Rabie, saat ini masih berada di Terusan Suez dan tidak diizinkan untuk pergi jika masalah berujung pada sengketa hukum.

Kapal Ever Given terjebak di antara kanal Suez pada 23 Maret. Akibatnya lalu lintas perairan macet total dengan ratusan kapal bertumpuk.

Untuk membebaskan kapal berbobot 224 ribu ton itu, otoritas bekerja dengan dua metode, yaitu pengerukan di bagian haluan yang terjebak pasir dan menariknya dengan kapal tunda.

Butuh waktu enam hari hingga kapal terbebas. Kendati begitu, penyelidikan terus dilakukan.

Awalnya, kapal dilaporkan kandas karena cuaca buruk dan badai pasir. Namun pohak SCA menyebut adanya kemungkinan kesalahan manusia.

Pada 1 April, komisi untuk menyelidiki insiden itu telah mengeluarkan "kotak hitam" dari kapal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA