Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perang Kartel Mesiko, Jalisco Bantai 27 Anggota Kelompok Saingannya Carteles Unidos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 07 April 2021, 15:35 WIB
Perang Kartel Mesiko, Jalisco Bantai 27 Anggota Kelompok Saingannya Carteles Unidos
Pesan grafiti di dinding di Aguililla, sisa-sisa perang kartel/Net
rmol news logo Perang antar kartel di Meksiko kian brutal, banyak nyawa melayang karenanya. Pekan lalu, Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG) diyakini telah membunuh sedikitnya 27 anggota organisasi kriminal saingan, dalam pembantaian di Michoacan pekan lalu.

Info tersebut diposting oleh akun Twitter Unidad de Inteligencia Ciudadana (Unit Intelijen Warga). Mereka mengatakan dalam sebuah posting pada Rabu pekan lalu, bahwa 26 anggota Carteles Unidos dibunuh oleh CJNG di Aguililla, sebuah kota di wilayah Tierra Caliente yang terkenal kejam.

Sementara Infobae melaporkan korban bisa saja berjumlah 27 orang.

Tierra Caliente merupakan tempat kelahiran Nemesio 'El Mencho' Oseguera Cervantes, pemimpin CJNG dan buronan pemerintah Meksiko dan Amerika Serikat.

Dipostingannya, Unit Intelijen Warga menulis bahwa anggota Carteles Unidos dari Aguililla menyerah kepada CJNG selama konfrontasi dan kemudian dieksekusi.

"Delapan dari mereka dipenggal. Bos regional Chirrios Revueltas berhasil melarikan diri,” kata postingan itu, seperti dikutip dari Mexico News, Rabu (7/4).

Kantor Kejaksaan Agung (FGE) Michoacan mengumumkan Kamis lalu bahwa delapan mayat yang dipenggal telah ditemukan di Aguililla. FGE tidak membantah laporan bahwa sebanyak 26 atau 27 terduga penjahat itu mati karena dibantai.

Dikatakan delapan mayat yang dipenggal, semuanya memiliki luka tembak, dibawa ke kamar mayat pemerintah negara bagian, di mana otopsi akan dilakukan.

Namun, jenazah - dan mungkin korban tambahan yang belum diakui oleh pemerintah Michoacan - menghilang dari kamar mayat, menurut laporan media dan Unit Intelijen Warga.

Sebuah posting terakhir mengatakan Kamis lalu bahwa 26 mayat dan delapan kepala telah hilang dari kamar mayat.

“Anggota keluarga Carteles Unidos dari pria bersenjata Aguililla yang dibantai oleh CJNG meminta bantuan untuk mengumumkan bahwa mayat yang dipindahkan ke kamar mayat menghilang dan (bahwa pihak berwenang) tidak ingin menyerahkannya ke mana pun," kata postingan itu.

Kartel Jalisco juga baru-baru ini menyerang beberapa kota lain di wilayah Tierra Caliente di Michoacan. Menurut laporan situs berita Zeta, orang-orang bersenjata secara rutin tiba di kota Michoacan dan menembak gedung-gedung umum, termasuk kantor pemerintah, kantor polisi dan sekolah, serta tempat bisnis dan mobil yang diparkir. Jika mereka melihat ada anggota kelompok kriminal saingan, mereka juga akan menyerangnya.

Tujuan CJNG jelas: untuk mengontrol sebanyak mungkin wilayah di Michoacan. Zeta mengatakan bahwa 'perang baru' sedang berlangsung di negara bagian itu, dengan serangan baru setiap hari.  

"CJNG bertekad untuk mengendalikan semua kegiatan terlarang, termasuk perdagangan narkoba, penculikan, pencurian bahan bakar dan pemerasan," menurut Zeta.

Sementara itu, warga biasa takut pada penjahat dan kekerasan yang mereka hasilkan. Beberapa bahkan terpaksa menggali parit di jalan raya sebagai upaya untuk menghentikan CJNG memasuki komunitas mereka.

Namun upaya untuk menggagalkan serbuan kartel Michoacán, termasuk yang dilakukan oleh pasukan keamanan pemerintah, tidak menghentikan organisasi tersebut untuk memperluas pengaruhnya. Sementara itu, CJNG telah mengatakan dalam video yang diposting online bahwa mereka akan "membebaskan" penduduk Michoacan dari cengkeraman kelompok kriminal lainnya.

Namun, bagi banyak warga, peningkatan pengaruh CJNG di negara bagian tersebut tentunya tidak terasa seperti pembebasan.

Kekerasan telah lama menjadi masalah di negara bagian penghasil alpukat terbesar di Meksiko dan rumah bagi kota pelabuhan penting Lazaro Cardenas - tempat obat-obatan terlarang dan barang terlarang lainnya lewat, tetapi menurut banyak analis, situasinya sekarang lebih buruk daripada tahun sebelumnya.

Menurut Zeta, tidak ada satu pun dari 113 kotamadya di Michoacan yang tidak dijerat masalah kejahatan dan kekerasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA