Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Babak Baru Kesepakatan Nuklir, Rouhani: Andai Washington Menunjukkan Kejujuran dan Ketulusannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 April 2021, 10:05 WIB
Babak Baru Kesepakatan Nuklir, Rouhani: Andai Washington Menunjukkan Kejujuran dan Ketulusannya
Presiden Hassan Rouhani/Net
rmol news logo Pertemuan Wina mengenai kelanjutan perjanjian nuklir Iran telah membuka 'babak baru' dalam upaya penyelamatan kesepakatan nuklir 2015.

Presiden Iran Hassan Rouhani pada Rabu (7/4) mengatakan hal itu dalam rapat kabinet pada Rabu (7/4).

"Sebuah babak baru baru saja dibuka kemarin," kata Rouhani, sekaligus menekankan bahwa Iran akan tetap pada pendiriannya.

"Andai (Washington) menunjukkan kejujuran dan ketulusannya..., itu saja yang kami minta. Saya pikir kami akan dapat bernegosiasi dalam waktu singkat, jika perlu, dengan (pihak lain dalam kesepakatan)," lanjut Rouhani seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (8/4).

Pembicaraan pada Selasa (6/4) di Wina adalah pertemuan tatap muka pertama di JCPOA sejak pemerintahan Biden berkuasa. Perwakilan Amerika hadir  untuk mengadakan pembicaraan dengan negara anggota P4 + 1.

Iran juga mengirimkan delegasinya, sebuah kemajuan di mana sebelunya Iran pernah pengatakan sudah tidak ada negosiasi lagi.

Perwakilan AS mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden siap untuk membatalkan keputusan pendahulunya Donald Trump untuk menarik diri dari perjanjian, termasuk menarik sanksinya kepada Iran.

Namun, penghalang masih saja ada. Muncul perdebatan terhadap mekanisme langkah tersebut karena Teheran menanggapi dengan menangguhkan kepatuhan terhadap beberapa kewajibannya sendiri berdasarkan kesepakatan.

Dalam pertemuan itu, Uni Eropa bertindak sebagai perantara , namun semua pihak memberikan penilaian positif terhadap pembicaraan pembukaan tersebut.

Pembicaraan akan dilanjutkan kembali pada Jumat. Delegasi AS akan berkumpul di hotel yang berbeda, dengan negosiator Uni Eropa kembali bertindak sebagai perantara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA