Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amerika Serikat Lanjutkan Progam Bantuan Untuk Rakyat Palestina, Totalnya Mencapai 235 Juta Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 April 2021, 10:34 WIB
Amerika Serikat Lanjutkan Progam Bantuan Untuk Rakyat Palestina, Totalnya Mencapai 235 Juta Dolar AS
Para pekerja Palestina mengemas bantuan yang didistribusikan oleh UNRWA di lingkungan Gaza/Net
rmol news logo Komitmen Presiden AS Joe Biden untuk memberikan bantuan kepada Palestina terbukti. Washington pada Rabu (7/4) mengumumkan dimulainya kembali program bantuan mereka ke Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), yang sempat dihentikan oleh pemerintahan sebelumnya.

Departemen Luar Negeri dalam pernyatannya mengatakan, bahwa Washington telah merencanakan bantuan dalam beberapa sektor, yaitu ekonomi, pembangunan, dan kemanusiaan AS untuk rakyat Palestina.

Total nominal bantuan yang diperbarui ini mencapai 235 juta dolar AS. Secara rinci bantuan ini meliputi 150 juta dolar AS untuk dana bantuan kemanusiaan UNRWA, 75 juta dolar untuk bantuan ke Tepi Barat dan Gaza, dan 10 juta dolar lainnya untuk program pembangunan perdamaian melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

"Program bantuan keamanan penting akan dilanjutkan oleh pemerintahan Biden, kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Kamis (8/4).

Meskipun mendapat tentangan keras dari Israel dan pejabat Republik, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan AS berkomitmen untuk keselamatan Israel serta rakyat Palestina.

Pembaruan dana bantuan adalah langkah terbaru yang diambil oleh pemerintahan Biden untuk membalikkan kebijakan era Trump terhadap Palestina. Di mana sebelumnya, mantan Presiden Donald Trump menghentikan bantuan AS untuk UNRWA, menutup kantor Organisasi Pembebasan Palestina di Washington dan memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Langkah itu juga sesuai janji Biden yang memang telah berkomitmen untuk membantu Palestina.

Bulan lalu, AS mengumumkan bahwa mereka memberikan bantuan kemanusiaan senilai 15 juta dolar AS kepada warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, sebelumnya mengatakan bantuan itu akan membawa lebih banyak stabilitas dan keamanan bagi "baik orang Israel maupun Palestina." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA