Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdana Menteri Jepang Nantikan Laos Mainkan Peran Bantu Atasi Krisis Myanmar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 April 2021, 11:23 WIB
Perdana Menteri Jepang Nantikan Laos Mainkan Peran Bantu Atasi Krisis Myanmar
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga/Net
rmol news logo Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menyuarakan keprihatinan besar atas situasi terkini di Myanmar dalam pembicaraan telepon dengan mitranya dari Laos Phankham Viphavanh pada Rabu (7/4) waktu setempat.

Kepada Phankham Suga mengatakan bahwa dia menantikan Laos, yang berbagi perbatasan barat lautnya dengan Myanmar, memainkan perannya dalam membantu mengatasi krisis di negara itu.

Suga juga sempat memuji upaya yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN untuk menanggapi peningkatan situasi di Myanmar, menurut rilis Kementerian Luar Negeri Jepang, seperti dikutip dari Japan Times, Kamis (8/4).

Setidaknya 581 pengunjuk rasa dan pengamat telah tewas di Myanmar sejak kudeta militer 1 Februari, dengan 2.750 orang ditahan hingga Selasa (6/4), menurut data dari Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Terkait hal itu, Suga berjanji akan terus mendorong militer Myanmar untuk segera berhenti menggunakan kekerasan terhadap warga sipil, membebaskan pemimpin yang digulingkan Aung San Suu Kyi dan individu-individu lain yang ditahan, dan segera memulihkan tatanan politik yang demokratis, kata kementerian.

Terkait hubungan Jepang-Laos, Suga dan Phankham menegaskan rencana aksi untuk memajukan 'kemitraan strategis' antara negara mereka, dengan Jepang menjanjikan bantuan sekitar 200 juta yen (1,8 juta dolar AS) untuk mendirikan fasilitas rantai dingin di Laos untuk menyimpan vaksin Covid-19 dan berjanji untuk mendukung perbaikan bandara internasional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA