Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dengan Jaminan Pencairan Dana, Iran Bebaskan Kapal Tanker Milik Korea Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 April 2021, 11:55 WIB
Dengan Jaminan Pencairan Dana, Iran Bebaskan Kapal Tanker Milik Korea Selatan
Kapal tanker Hankuk Chemi milik Korea Selatan yang disita oleh Iran telah dibebaskan/Net
rmol news logo Iran telah membebaskan kapal tanker Hankuk Chemi milik Korea Selatan yang disita pada awal tahun.

Pembebasan dilakukan pada Jumat (9/4) setelah Korea Selatan berjanji untuk mencoba memenuhi permintaan Iran mengamankan pencairan dana yang telah dibekukan bank-bank Korea Selatan di bawah sanksi Amerika Serikat (AS), seperti dikutip Reuters.

Pada Januari, Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) menyita kapal tanker yang membawa 7.200 etanol di perairan Oman karena dianggap mencemari laut.

Kapal itu ditahan bersama denan 20 anak buah kapal (ABK), termasuk warga Korea Selatan, Indonesia, Vietnam, dan Myanmar.

Insiden itu menjadi sumber ketegangan antara Teheran dan Seoul karena terjadi ketika Korea Selatan membekukan dana Iran senilai 7 miliar dolar AS di bank-banknya.

Pada Februari, Iran setuju untuk membebaskan 20 ABK kapal, sementara sang kapten masiih ditahan, setelah pejabat tinggi Korea Selatan mengunjungi Teheran.

Menurut seorang pejabat kementerian luar negeri Korea Selatan, Seoul telah berjanji untuk membantu mengeluarkan uang milik Iran yang dibekukan.

"Kami telah menyatakan kesediaan kami untuk menyelesaikan masalah dana," kata pejabat yang menolak disebutkan namanya itu.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan menyebut kapal tersebut telah meninggalkan Iran setelah menyelesaikan prosedur administrasi. Tidak disebutkan permintaan pencairan dana.

"Kapten dan pelaut dalam keadaan sehat," kata kementerian.

Pejabat kementerian juga mengatakan Iran membatalkan rencana untuk menuntut pidana terhadap perusahaan pelayaran kapal atas pencemaran lingkungan.  

Pembekuan dana terkait dengan sanksi AS yang diberlakukan kembali Washington terhadap Teheran pada 2018 setelah Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.

Di bawah pemerintahan Joe Biden, AS dan Iran telah memulai pembicaraan tidak langsung mengenai kembalinya kesepakatan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA