Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sinyal Positif, Iran Dan AS Lanjutkan Negosiasi Kesepakatan Nuklir Di Wina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 April 2021, 13:52 WIB
Sinyal Positif, Iran Dan AS Lanjutkan Negosiasi Kesepakatan Nuklir Di Wina
Negosiasi untuk menghidupkan JCPOA antara Iran, Amerika Serikat, China, Rusia, Prancis, Jerman, dan Inggris di Wina, Austria/Net
rmol news logo Negosiasi terkait menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran kembali dilanjutkan di Wina, Austia pada Jumat (9/4).

Pembicaraan yang dimulai sejak Selasa (6/4) telah berjalan cukup baik, di mana Amerika Serikat (AS) dan Iran menunjukkan sinyal positif. Meskipun hingga saat ini belum ada pertemuan tim secara langsung.

Dimuat Sputnik, pada Rabu (7/4), delegasi dari China, Rusia, Prancis, Jerman, dan Inggris telah bertemu secara terpisah dengan perwakilan AS dan Iran untuk menyuarakan posisi mereka.

Kelima negara telah sepakat untuk membentuk dua kelompok ahli untuk menyelaraskan sanksi apa saja yang siap dicabut oleh AS, dan pembatasan apa yang dapat diberikan Iran atas program nuklirnya.

Nantinya, para ahli akan memberikan pengarahan terkait hasil negosiasi kepada Komisi Gabungan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

AS, di bawah pemerintahan Donald Trump, telah keluar dari JCPOA pada 2018. Setelah itu Trump memberlakukan kebijakan tekanan maksimum dengan melayangkan banyak sanksi terhadap Teheran.

Sementara di bawah pemerintahan Joe Biden, AS menyatakan siap membatalkan sejumlah sanksi dan akan kembali ke JCPOA. Washington memberikan syarat di mana Iran harus terlebih dulu mematuhi JCPOA. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA