Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inggris Pastikan Dubes Myanmar Yang Gulingkan Dapat Tinggal Dengan Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 April 2021, 14:14 WIB
Inggris Pastikan Dubes Myanmar Yang Gulingkan Dapat Tinggal Dengan Aman
Duta Besar Myanmar untuk Inggris, Kyaw Zwar Minn/Net
rmol news logo Pemerintah Inggris memberikan Duta Besar Myanmar Kyaw Zwar Minn izin untuk tetap tinggal sementara setelah kantor kedutaannya direbut paksa oleh pihak militer.

Kantor Luar Negeri Inggris pada Jumat (9/4) kembali mengutuk militer Myanmar yang mengambil alih kedutaan dan "menggulingkan" Kyaw Zwar Minn.

"Kami mengutuk cara militer Myanmar di London melarang duta besar mereka memasuki kedutaan kemarin malam," kata Kantor Luar Negeri, seperti dikutip Reuters.

“Kami menghormati keberanian Kyaw Zwar Minn dalam membela rakyat Myanmar. Mengingat perilaku penindasan terhadap Bapak Minn, kami berusaha memastikan dia dapat hidup dengan aman di Inggris Raya sementara dia memutuskan masa depan jangka panjangnya," tambahnya.

Pada Rabu malam (7/4), Kyaw Zwar Minn melaporkan bahwa atase pertahanan telah mengambil alih kedutaan seperti halnya melakukan kudeta. Mereka juga tidak membiarkan dirinya untuk masuk ke kedutaan.

"Mereka mengatakan menerima instruksi dari ibukota, jadi mereka tidak akan mengizinkan saya masuk," ujarnya.

Myanmar telah diguncang kekacauan yang luar biasa sejak militer merebut kekuasaan dan menggulingkan pemerintahan sipil yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi pada 1 Februari.

Namun para diplomat, termasuk Kyaw Zwar Minn, telah menyatakan dukungannya pada Aung San Suu Kyi dan memutuskan hubungan dengan junta militer.

Bulan lalu, junta telah memanggil Kyaw Zwar Minn setela ia mendesak pembebasan Aung San Suu Kyi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA