Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerajaan Inggris Berduka, Pangeran Philip Mengembuskan Napas Terakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 April 2021, 18:36 WIB
Kerajaan Inggris Berduka, Pangeran Philip Mengembuskan Napas Terakhir
Pangeran Philip/Net
rmol news logo Pangeran Philip dari Inggris dikabarkan telah mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat pagi (9/4) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Suami dari Ratu Elizabeth II itu meninggal dunia pada usia 99 tahun di Kastil Windsor.

"Dengan kesedihan yang mendalam, Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," ujar Istana Buckingham, seperti dikutip Sky News.

Pengeran Philip lahir di Pulau Corfu pada 1921. Ketika berusia 18 tahun, ia bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan sebagai kadet.

Selama Perang Dunia II, ia dinas aktif di Samudera Hindia dan Mediterania.

Kemudian pada 1947, ia melepas gelar kerajaan Yunani dan Denmarknya. Ia mengambil nama belakang Mountbatten dan menjadi warga negara Inggris yang dinaturalisasi sebelum menikah dengan Putri Elizabeth.

Pernikahan mereka adalah acara kenegaraan besar pertama setelah berakhirnya Perang Dunia II. Mereka memiliki empat anak, yaitu Charles, Anne, Andrew dan Edward.

Dikenal sebagai seorang yang modernis, kepedulian Pangeran Philip terhadap kaum muda menginspirasinya untuk menciptakan Skema Penghargaan Duke of Edinburgh. Ia diketahui mendukung lebih dari 800 badan amal dengan fokus pada minatnya dalam konservasi satwa liar, teknologi, dan olahraga.

Di usianya yang ke-90-an, ia menjalankan program publik yang sibuk. Ia juga melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk mendukung Ratu, baik pada acara-acara kenegaraan maupun kunjungan kerajaan.

Selama Natal 2011, ia dilarikan ke rumah sakit setelah artilerinya tersumbat. Lalu pada 2012, ia dirawat di rumah sakit selama Queen's Diamond Jubilee dengan infeksi kandung kemih, dan pada 2013 menjalani operasi eksplorasi di perutnya.

Tetapi baru pada Mei 2017, ia pensiun dari program tugas kerajaannya sendiri, meski sesekali keluar untuk mendukung Ratu untuk acara-acara besar.

Belum ada rincian resmi yang dirilis tentang pemakaman Pangeran Philip. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA