Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Heng Mundur, Empat Calon Disebut Bakal Gantikan Peluangnya Jadi Perdana Menteri Singapura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 April 2021, 17:39 WIB
Heng Mundur, Empat Calon Disebut Bakal Gantikan Peluangnya Jadi Perdana Menteri Singapura
Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat saat mengumumkan mundur dari pencalonan PM, pada Kamis 8 April 2021/Repro
rmol news logo Singapura masih dikejutkan dengan pengumuman yang dikeluarkan pada Kamis (8/4), ketika Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat mengundurkan diri pada pemilihan dan memberi jalan bagi penerus yang lebih muda.

Publik bertanya-tanya, dengan mundurnya Heng dari pucuk pimpinan generasi keempat People's Action Party (PAP), siapa yang memiliki kans untuk menggantikannya?

Heng beralasan bahwa dia akan berusia 60-an tahun depan. Dengan riwayat penyakit stroke yang dideritanya pada tahun 2016, meskipun saat ini dia dalam keadaan sehat, Heng merasa yakin untuk memberi kesempatan itu bagi orang muda.

"Perlu seseorang yang lebih muda untuk mengatasi tantangan besar di masa depan dan memiliki landasan pacu yang panjang sebagai pemimpin berikutnya," ujar Heng pada Kamis.

Bersamaan dengan mundurnya Heng dari pencalonan, ia sekaligus menyerahkan portofolio lainnya sebagai menteri keuangan, membuka jalan bagi perombakan kabinet dalam dua minggu.

Pengamat politik mengatakan perombakan kabinet mendatang akan memberikan petunjuk, dan mereka bersiap membaca kemungkinan.

Reuben Wong, profesor ilmu politik di National University of Singapore, mengatakan dia mengamati dengan cermat siapa yang akan mengambil alih kementerian keuangan, mengingat itu adalah portofolio penting.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh 32 anggota kepemimpinan 4G mengakui bahwa minggirnya Heng adalah 'kemunduran untuk perencanaan suksesi, mengutip laporan SCMP.

Lalu siapa pemilik kans itu?

Straits Times
melaporkan, ada empat orang yang disebut-sebut memiliki peluang. Mereka adalah empat anggota inti dari tim 4G, yaitu Chan Chun Sing, Ong Ye Kung, Lawrence Wong, dan Desmond Lee.

Salah satu dari mereka akan mengambil alih peluang Heng dan  kemungkinan akan menggantikan Lee Hsien Loong sebagai perdana menteri Singapura.

Keempatnya adalah menteri penuh di Kabinet Lee. Keempatnya pun hadir pada konferensi pers Kamis, dan mendengar pengumuman pengunduran diri Heng.

Wong dan Desmond Lee baru saja terpilih untuk badan pembuat keputusan tertinggi partai yang berkuasa pada November tahun lalu.

Chan, 51 tahun, saat ini menjabat menteri perdagangan dan industri. Ia menempati urutan tertinggi di antara empat orang sebagai asisten sekretaris jenderal kedua. Dia diangkat sebagai wakil Heng, yang merupakan asisten sekretaris jenderal pertama, pada tahun 2018.

Sedangkan Ong, yang juga berusia 51 tahun, pernah bergabung dengan Pemerintah pada tahun 2011, tahun yang sama dengan Chan. Namun dia adalah bagian dari tim PAP di Aljunied yang kalah dari Partai Buruh pada Pemilihan Umum 2011. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA