Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu AS Waswas, China Makin Agresif Terhadap Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 11 April 2021, 22:19 WIB
Menlu AS Waswas, China Makin Agresif Terhadap Taiwan
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa pihaknya prihatin tentang tindakan agresif China terhadap Taiwan beberapa waktu belakangan ini/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa pihaknya prihatin tentang tindakan agresif China terhadap Taiwan beberapa waktu belakangan ini.

Dia memperingatkan bahwa hal itu akan menjadi kesalahan serius bagi siapa pun yang mencoba mengubah status quo di Pasifik Barat dengan paksa.

"Apa yang telah kami lihat, dan apa yang menjadi perhatian nyata kami, adalah tindakan yang semakin agresif oleh pemerintah di Beijing yang diarahkan ke Taiwan, meningkatkan ketegangan di Selat," kata Blinken dalam wawancara dengan Meet the Press NBC seperti dikabarkan ulang Channel News Asia.

Ditanya apakah Amerika Serikat akan menanggapi secara militer tindakan China di Taiwan, Blinken menolak berkomentar tentang hipotesis.

"Yang bisa saya katakan adalah kami memiliki komitmen serius agar Taiwan dapat mempertahankan diri. Kami memiliki komitmen serius untuk perdamaian dan keamanan di Pasifik Barat," jelasnya.

"Kami mendukung komitmen itu. Dan dalam konteks itu, akan menjadi kesalahan serius bagi siapa pun untuk mencoba mengubah status quo itu dengan paksa," tegasnya.

Diketahui bahwa Taiwan telah mengeluh selama beberapa bulan terakhir tentang misi berulang oleh angkatan udara China di dekat pulau itu, yang diklaim China sebagai miliknya.

Gedung Putih sendiri telah mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa negeri Paman Sam akan terus mencermati peningkatan aktivitas militer China di Selat Taiwan, dan menyebut tindakan Beijing berpotensi membuat situasi tidak stabil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA