Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mesir Dan Lebanon Sudah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1442 Hijriyah Pada Selasa, Arab Saudi Belum Tentukan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 12 April 2021, 10:58 WIB
Mesir Dan Lebanon Sudah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1442 Hijriyah Pada Selasa, Arab Saudi Belum Tentukan
Masjid Mohammed Al-Amin di Beirut, Lebanon/Net
Sebagian besar umat Muslim di dunia tengah bersiap menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah, yang diperkirakan akan dimulai pada 13 April 2021. Di Lebanon dan Mesir itu telah resmi ditetapkan.

Di Mesir, pengumuman tersebut disampaikan Dar al-Ifta dari Mesir, lembaga yang mengeluarkan fatwa agama di negara berpenduduk terbesar di dunia Arab itu.

"13 April akan menjadi hari pertama Ramadhan," kata badan itu, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Senin (12/4).

Sementara di Lebanon, hal itu dikonfirmasi ulama Muslim Sunni Agung Mufti Sheikh Abdellatif Deryan.

Kalender Hijriah yang digunakan oleh umat Islam berbasiskan pada peredaran bulan. Sehingga, penentuan awal bulan pada kalender Hijriah dilandaskan pada penampakan hilal atau bulan sabit muda.

Arab Saudi, penjaga dua situs paling suci Islam, mengatakan bulan sabit, yang digunakan untuk menentukan awal bulan, tidak terlihat pada hari Minggu, sehingga komite observasi akan bertemu lagi pada Senin malam waktu setempat.

Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam. Umat ​​Muslim yang taat menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja, dan secara tradisional berkumpul dengan keluarga dan teman untuk berbuka puasa di malam hari.

 Ini juga merupakan waktu di mana unat Islam memperbanyak amalan, termasuk shalat berjamaah di masjid terutama saat melakukan ibadah tarawih.

Tetapi karena pandemi Covid-19, banyak negara mayoritas Muslim telah memberlakukan pembatasan pada jamaah termasuk jam malam, dan menyerukan agar shalat dilakukan di rumah.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA