Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Pangeran Philip Wafat, Charles Mewarisi Tiga Gelar Almarhum Ayahnya Sekaligus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 12 April 2021, 16:17 WIB
Setelah Pangeran Philip Wafat, Charles Mewarisi Tiga Gelar Almarhum Ayahnya Sekaligus
Pangeran Charles/Net
rmol news logo Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, wafat di usia 99 tahun, pada Jumat (9/4) lalu. Dengan kematiannya, gelar Duke of Edinburgh tentu akan diturunkan ke anggota keluarga kerajaan lainnya - tapi siapa?

Sesuai dengan tradisi kerajaan, tentu saja gelar itu akan turun kepada anak tertua mereka, Pangeran Charles.

Prince of Wales itu akan mewarisi tiga gelar yang dipegang oleh ayahnya, yaitu Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth, dan Baron Greenwich, mengutip dari CBC News, Minggu (11/4).

Gelar The Dukedom of Edinburgh mungkin akan jarang digunakan, untuk merujuk pada Prince of Wales yang selama ini melekat pada nama Charles.

Lalu gelar Prince Wales akan turun ke putera tertua Charles, yaitu Pangeran William, kakak dari Pangeran Harry.

Bagaimana dengan Pangeran Edward, adik dari Charles?

Royal Central menulis, Edward akan menyandang gelar Duke of Edinburgh pada saat nanti ayahnya naik tahta menjadi Raja Inggris. Yang artinya, jika Ratu Elizabeth meninggal dunia.

Sebelumnya, gelar Duke of Edinburgh pernah akan diwariskan kepada Edward. Namun,  pada aksesi akhirnya Charles yang naik ke takhta.
Pangeran Edward, saat ini menyandang gelar Earl of Wessex. Ia merupakan putra yang memiliki banyak peran terhadap ayahnya.

Jika nanti  Pangeran Edward yang akan menjadi Duke of Edinburgh. Itu berarti istri Edward, Countess of Wessex, akan jadi Duchess of Edinburgh, gelar yang pernah dipegang Yang Mulia Ratu dulu kala.

Menurut konvensi, pangkat bangsawan diberikan pada bangsawan senior pada hari pernikahan mereka, kasus yang ditemukan pada Duke of Cambridge alias Pangeran William dan Duke of Sussex atau Pangeran Harry.

Ini tidak akan terjadi sampai gelar tersebut kembali ke Mahkota setelah kematian raja, meninggalkan Raja Charles yang baru untuk menciptakan Dukedom lagi untuk adik laki-lakinya.

Gelar Dukedom of Edinburgh pertama kali dibuat pada tanggal 15 Juli 1726 pada masa pemerintahan Raja George I, yang memberikannya kepada cucunya, Pangeran Frederick (1707-1751), yang menjadi Pangeran Wales tiga tahun kemudian.

Pangeran Frederick meninggalkan ayahnya pada 1751 dan gelarnya diberikan kepada putra tertuanya.
Dengan demikian, Raja George III di masa depan secara singkat dikenal sebagai Duke of Edinburgh sampai ia diangkat menjadi Prince of Wales.

Ketika Pangeran George menggantikan sebagai George III setelah kematian kakeknya pada tahun 1760, gelar tersebut digabungkan dengan Mahkota.

Penciptaan kedua gelar hanya Duke of Edinburgh (tanpa Gloucester) kembali ke masa pemerintahan Ratu Victoria pada 24 Mei 1866, Pangeran Alfred (1844-1900) diberi gelar Duke of Edinburgh, Earl of Ulster dan Earl of Kent

Penciptaan ketiga gelar tersebut terjadi pada masa pemerintahan Raja George VI, pada tanggal 20 November 1947. Itu dianugerahkan kepada Philip Mountbatten. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA