Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Back To Normal, Ceko Buka Sekolah Dan Tempat Umum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 12 April 2021, 20:14 WIB
<i>Back To Normal</i>, Ceko Buka Sekolah Dan Tempat Umum
Penerapan protokol kesehatan saat sekolah kembali dibuka di Ceko/Reuters
rmol news logo Warga Ceko bisa memulai kembali aktivitas normal mereka mulai awal pekan ini (Senin, 12/4). Pasalnya, pada hari ini sekolah, dan sejumlah tempat umum seperti perpustakaan, kebun binatang, dan beberapa toko di Ceko kembali dibuka setelah ditutup selama sekitar enam bulan terakhir akibat pandemi Covid-19.

Pembukaan ini dilakukan karena status "keadaan darurat" yang diterapkan selama enam bulan di negara tersebut resmi berakhir pada tengah malam kemarin.


Dengan berakhirnya status tersebut, maka pembatasan pergerakan yang semula diberlakukan di Ceko, dicabut. termasuk di dalamnya adalah aturan mengenai jam malam dan larangan perjalanan yang tidak penting antar distrik.

Bukan hanya itu, anak-anak di tingkat prasekolah dan sekolah dasar bisa kembali belajar di sekolah. Namun kebanyan sekolah masih menerapkan sistem bergilir mingguan bagi para murid, demi menekan potensi penularan virus corona.

Bukan hanya itu, setiap murid juga diharuskan untuk melakukan tes swab setiap dua minggu sekali.

Pada waktu yang bersamaan, Kementerian Kesehatan Republik Ceko melaporkan bahwa per akhir pekan kemarin tercatat ada 976 kasus virus korona baru. Ini merupakan jumlah harian terendah sejak September.

Dengan demikian, secara total negara berpenduduk 10,7 juta jiwa ini telah melaporkan 1,58 juta kasus Covid-19 sejak pandemi terjadi pada awal Maret 2020 lalu. Sementara itu jumlah kematian akibat Covid-19 di negara tersebut mencapai hampir 28 ribu kasus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA