Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Konsisten Dukung Taiwan, Mike Pompeo Unggah Foto Makan Nanas Kering Sambil Main Catur

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 April 2021, 08:09 WIB
Konsisten Dukung Taiwan, Mike Pompeo Unggah Foto Makan Nanas Kering Sambil Main Catur
Mantan Menlu Mike Pompeo bermain catur sambil menikmati snack nanas Taiwan/Net
Lama tak terdengar kabarnya sejak tidak lagi menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo muncul di akun Twitternya pada Senin (12/4).

Dalam unggahannya, Pompeo membagikan foto dirinya sedang makan nanas kering dari Taiwan sambil duduk di depan papan catur. Bisa dipastikan, unggahan fotonya dengan produk nanas Taiwan itu sebagai bentuk dukungannya pada Taipei, menyusul larangan impor yang dilakukan Beijing atas buah tersebut.

“Sebagai pendukung kebebasan, menikmati nanas kering khas Taiwan. Skakmat,” tulisnya dalam keterangan foto, seperti dikutip dari Taiwan News, Senin (14/2).

Unggahan Pompeo merujuk pada kampanye #FreedomPineapple yang dilancarkan oleh Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu di media sosial, setelah Beijing melarang impor nanas dari Taiwan atas apa yang secara sewenang-wenang disebut ketakutan akan hama, yang berlaku mulai 1 Maret lalu. Wu meminta dunia untuk berdemonstrasi dukungannya untuk Taiwan dengan mengonsumsi buah tersebut.

Sebagai informasi, paket nanas kering yang dinikmati Pompeo adalah suvenir dari Hsiao Bi-khim, duta besar de facto Taiwan untuk AS. Dia me-retweet postingan tersebut, mengatakan dia senang melihat Pompeo menikmati manisan.

Awal pekan ini muncul kabar bahwa Pompeo, yang masa jabatannya berakhir pada Januari lalu, akan bergabung dengan Fox News sebagai kontributor.  

Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan Tien Chung-kwang mengkonfirmasi pada interpelasi legislatif pada hari Senin bahwa Pompeo sangat mungkin mengunjungi Taiwan tahun ini.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA