Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HSBC Serahkan Dokumen Kasus Meng Wanzhou Pada Huawei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 13 April 2021, 10:21 WIB
HSBC Serahkan Dokumen Kasus Meng Wanzhou Pada Huawei
CFO Huawei, Meng Wanzhou/Net
rmol news logo Hong Kong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) telah sepakat untuk memberikan dokumen kasus Meng Wanzhou kepada Huawei.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dokumen yang dimaksud merupakan sebuah berkas yang sebelumnya telah diberikan HSBC kepada Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS).

Pemberian dokumen itu merupakan penyelesaian dari proses pengadilan selama bebulan-bulan di Hong Kong dan London.

Dalam sebuah pernyataan kepada Associated Press pada Senin (12/4), Huawei mengatakan pihaknya dan HSBC telah sepakat untuk mengikuti putusan pengadilan di Hong Kong.

Sementara dalam sebuah pernyataan kepada Financial Times, HSBC mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan Huawei dan Meng untuk menyelesaikan proses hukum di Hong Kong terkait permintaan dokumen mereka.

Namun, masih ada beberapa dokumen lainnya yang dicari oleh Huawei. Salah satunya catatan yang menunjukkan bahwa HSBC tahu Skycom adalah anak perusahaan Huawei, dan dokumen internal sejak 2012 yang menunjukkan bagaimana bank mengevaluasi risiko berbisnis dengan Huawei meskipun ada sanksi internasional terhadap Iran.

Menurut Financial Times, HSBC menyelesaikan transaksi senilai lebih dari 100 juta dolar AS terkait dengan Skycom melalui AS antara tahun 2010 dan 2014, termasuk 7,5 juta dolar AS yang dibayarkan kepada perusahaan kepegawaian Inggris.

Akibatnya Meng yang seorang kepala keuangan Huawei, dituduh melakukan penipuan bank, di mana ia menipu HSBC agar memproses transaksi yang melanggar sanksi internasional.

AS telah meminta ekstradisi Meng sejak penangkapannya di Vancouver oleh otoritas Kanada pada 2018. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA