Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelombang Keempat Covid-19, Korsel Pertimbangkan Pemakaian Tes Covid-19 Mandiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 13 April 2021, 17:27 WIB
Gelombang Keempat Covid-19, Korsel Pertimbangkan Pemakaian Tes Covid-19 Mandiri
Pengambilan sampel untuk tes Covid-19/Net
rmol news logo Korea Selatan berencana untuk menggunakan self-test kit atau alat tes Covid-19 mandiri untuk menghadapi gelombang keempat infeksi.

Rencana tersebut digagas oleh Walikota Seoul yang baru, Oh Se-hoon pada Selasa (13/4). Ia meminta regulator obat untuk menyetujui tes mandiri di rumah, restoran, toko, dan fasilitas keagamaan untuk mempercepat dan mempermudah deteksi Covid-19.

Setelah terpilih pada pekan lalu, Oh mengkritik pemerintah yang gagal menahan gelombang ketiga Covid-19.

"Kita perlu mencoba ide-ide baru dan mengubah cara berpikir kita. Saya mendesak kementerian keamanan obat untuk memberikan persetujuan untuk penggunaan alat  tes mandiri dalam waktu dekat," ujar Oh, seperti dikutip Reuters.

Menanggapi permintaan tersebut, Menteri Keamanan Obat Kim Gang-lip mengatakan alat tersebut mungkin berguna jika digunakan secara terbatas. Namun aturan saat ini mengizinkan alat yang memiliki akurasi 90 persen, untuk kemudian  dibandingkan dengan tes PCR yang memiliki akurasi 98 persen.

"Saya berharap dapat memanfaatkan perangkat yang memiliki aspek positif sebagai alat pelengkap jika Anda cukup mengingat efek sampingnya," tanggapnya.

Menurut pihak berwenang, dengan akurasi yang rendah, kemungkinan negatif palsu menjadi lebih tinggi, karena viral load yang tinggi di saluran hidung seringkali penting untuk mendapatkan hasil yang andal.

Namun di tengah lonjakan kasus Covid-19, beberapa pejabat dan ahli mulai menyoroti perlunya penggunaan alat tes Covid-19 mandiri.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (melaporkan 542 kasus baru Covid-19 pada Senin (12/4).

Totalnya, Korea Selatan sudah mencatat 110.688 kasus Covid-19, dengan 1.775 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA