Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Intelijen: Korut Akan Lanjutkan Uji Coba Nuklir Untuk Tekan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 14 April 2021, 09:08 WIB
Intelijen: Korut Akan Lanjutkan Uji Coba Nuklir Untuk Tekan AS
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un/Net
rmol news logo Sebuah laporan intelijen Amerika Serikat (AS) menyebutkan Korea Utarakemungkinan akan melanjutkan uji coba nuklirnya tahun ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam laporan 27 halaman yang dirilis pada Selasa (13/4), Kantor Direktur Intelijen Nasional AS menyebutkan sejumlah ancaman yang dihadapi oleh AS di seluruh Dunia.

Salah satunya menyebut Korea Utara berupaya untuk menekan pemerintahan Joe Biden dengan uji coba nuklir.

"Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dapat mengambil sejumlah tindakan agresif dan berpotensi mengganggu kestabilan untuk membentuk kembali lingkungan keamanan regional dan mendorong perselisihan antara Amerika Serikat dan sekutunya, hingga dan termasuk dimulainya kembali pengujian senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua (ICBM)," kata laporan itu, seperti dikutip AFP.

Menurut intelijen, Korea Utara belum menguji rudal jarak jauhnya dalam lebih dari tiga tahun terakhir dan membiarkan pintu pembicaraan denuklirisasi terbuka.

Tetapi Pyongyang kemungkinan mempertimbangkan menggunakan uji coba rudal atau nuklir untuk menekan Washington atas berbagai persyaratan denuklirisasi.

"Kami menilai bahwa Kim memandang senjata nuklir sebagai pencegah utama terhadap intervensi asing dan percaya bahwa seiring waktu dia akan mendapatkan penerimaan dan penghormatan internasional sebagai kekuatan nuklir," jelas laporan itu.

Selain uji coba nuklir Korea Utara, laporan intelijen AS itu juga menyoroti program nuklir Iran.

Pada Selasa (13/4), Iran mengumumkan akan mulai memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen, selangkah lebih dekat ke ambang batas 90 persen yang dapat digunakan untuk senjata nuklir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA