Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Peringatkan AS Agar Berhenti Bermain Api Terkait Urusan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 April 2021, 09:07 WIB
China Peringatkan AS Agar Berhenti Bermain Api Terkait Urusan Taiwan
Jubir Kemenlu China Zhao Lijian/Net
rmol news logo Kementerian Luar Negeri China angkat bicara soal terbitnya pedoman baru yang diluncurkan Amerika Serikat dalam interaksi mereka dengan Taiwan. Beijing pada Selasa (13/4) mendesak agar Washington tidak bermain api pada masalah terkait dengan Taipei.

Jumat pekan lalu, Departemen Luar Negeri AS pada hari mengeluarkan pedoman baru, yang bertujuan untuk mendorong keterlibatan pemerintah AS dengan Taiwan.

"Pedoman baru ini membebaskan pedoman tentang kontak dengan Taiwan, konsisten dengan hubungan tidak resmi kami," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price saat itu.

Juru bicara Zhao Lijian mengatakan apa yang disebut pedoman itu secara serius melanggar prinsip satu China, seperti dikutip dari CGTN, Selasa (13/4).

Memperhatikan prinsip satu-China adalah fondasi politik hubungan China-AS, Zhao mengatakan tidak ada ruang untuk kompromi atau konsesi dari pemerintah China atas masalah Taiwan.

Juru bicara itu juga mendesak AS untuk tidak mengirim sinyal yang salah kepada elemen "kemerdekaan Taiwan" untuk menghindari kerusakan parah pada hubungan China-AS dan perdamaian serta stabilitas di Selat Taiwan.

Zhao mengatakan, China telah menyatakan penolakan tegas dan membuat pernyataan serius kepada AS terkait langkah ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA