Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Masalah Iran, AS Undang Penasihat Keamanan Israel Meir Ben-Shabbat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 April 2021, 09:23 WIB
Bahas Masalah Iran, AS Undang Penasihat Keamanan Israel Meir Ben-Shabbat
Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan/Net
rmol news logo Di tengah hubungannya yang kurang stabil dengan Israel, Washington pada Selasa (13/4) mengundang Penasihat Keamanan Nasional Israel dan Kepala Staf Keamanan Nasional Meir Ben-Shabbat, untuk berkunjung.

Gedung Putih mengatakan, Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, selama pertemuan virtual yang dilakukan dalam serangkaian pembicaraan antara kedua negara tentang 'masalah keamanan yang sangat penting'.

Ancaman dan tantangan regional bersama, terutama Iran, dibahas dalam pertemuan tersebut.  

"Tuan Sullivan menegaskan kembali komitmen teguh pemerintahan Biden-Harris untuk keamanan Israel dan untuk memastikan bahwa Iran tidak akan pernah mendapatkan senjata nuklir," menurut pernyataan usai pertemuan, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Rabu (14/4).

AS dan Iran telah terlibat dalam pembicaraan pertama mereka - meskipun tidak langsung - sejak pemerintahan Obama mengenai program nuklir Teheran. Pekan lalu, putaran pembukaan diskusi tidak langsung digelar di Wina. Ibukota Eropa, Rusia dan China, menengahi pembicaraan dan melakukan diplomasi antar-jemput.

Pembicaraan putaran kedua dijadwalkan pada hari Selasa, tetapi seorang anggota delegasi UE dinyatakan positif terkena virus corona sehingga pembicaraan ditunda selama satu hari.

Para pejabat Israel telah menyuarakan keraguan atas kesepakatan potensial yang gagal untuk menangani dukungan Iran untuk kelompok teroris, termasuk Hizbullah Lebanon dan Houthi Yaman, dan program rudal balistiknya.

Menurut keterangan Gedung Lutih, Sullivan mengundang Ben-Shabbat untuk "konsultasi lanjutan" sebelum akhir bulan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA