Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Obama Puji Langkah Biden Tarik Pasukan Di Afghanistan: Sudah Waktunya Mereka Pulang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 April 2021, 07:03 WIB
Obama Puji Langkah Biden Tarik Pasukan Di Afghanistan: Sudah Waktunya Mereka Pulang
Mantan Presiden Barack Obama/Net
rmol news logo Mantan Presiden Barack Obama memuji langkah yang diambil Presiden Joe Biden. Mengatakan bahwa keputusan Biden menarik pasukan AS di adalah langkah yang tepat untuk mengubah keadaan yang telah berlangsung sangat lama.

Dalam postingannya di Facebook, Obama mengucapkan terima kasih para tentara yang bertugas di Afghanistan dan juga kepada rakyat Afghanistan.

"Hari ini, kita harus berhenti sejenak untuk memberi penghormatan atas pengorbanan luar biasa orang Amerika yang telah mengabdi dalam perang terlama kita, serta keluarga mereka. Ini merupakan perjuangan yang panjang dan berat di Afghanistan, berakar pada tanggapan kami terhadap serangan teroris paling mematikan di tanah air AS dalam sejarah kami," ujar Obama.

Biden pada Rabu (14/4)  mengumumkan bahwa ia akan mulai mengurangi kehadiran AS di Afghanistan terhitung mulai 1 Mei. Hingga, pada 11 September 2021, semua pasukan AS sudah tidak ada lagi di sana.

"Pasukan Amerika, diplomat, dan para pekerja yang membangun negeri, bisa berbangga atas upaya mereka untuk memberikan keadilan untuk 9/11, menghancurkan tempat berlindung al Qaeda, melatih Pasukan Keamanan Afghanistan, dan mendukung rakyat Afghanistan."

Pada 2011, saat AS mulai berencana menarik pasukannya, AS  telah mencoba menjelaskan kepada pemerintah Afghanistan bahwa mereka secara bertahap akan mengalihkan tanggung jawab atas keamanan negara itu sambil menciptakan waktu dan ruang untuk upaya meningkatkan pemerintahan.

Hampir satu dekade kemudian, sekarang saatnya untuk membalik halaman ke bab berikutnya dari hubungan AS dengan Afghanistan, menurut Obama.

Tantangan ke depan tetap ada, dan AS berjanji akan tetap terlibat secara diplomatis.

Obama meegaskan bahwa AS tetap mendukung rakyat Afghanistan, terutama mereka yang telah mengambil risiko luar biasa atas nama hak asasi manusia.

"Tetapi setelah hampir dua dekade menempatkan pasukan kita dalam bahaya, sekarang saatnya untuk mengakui bahwa kita telah mencapai semua yang kita bisa secara militer, dan inilah saatnya untuk membawa pulang pasukan kita yang tersisa.

Saya mendukung kepemimpinan berani Presiden Biden dalam membangun bangsa kita di rumah dan memulihkan posisi kita di seluruh dunia," ujar Obama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA