Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sebelum Pengumuman Penarikan Pasukan, Biden Lakukan Dialog Dengan Obama Dan Bush

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 April 2021, 07:30 WIB
Sebelum Pengumuman Penarikan Pasukan, Biden Lakukan Dialog Dengan Obama Dan Bush
Ilustrasi/Net
Presiden Joe Biden melakukan dialog dengan para pendahulunya, Barack Obama dan George W. Bush, sebelum mengeluarkan pengumuman resmi penarikan pasukan AS di Afghanistan. Amerika Serkat berencana menarik semua pasukannya secara bertahap, mulai Mei hingga 11 September mendatang.

Rencana itu akan mengakhiri perang yang telah berlangsung selama lebih dari 20 tahun dan merupakan perang terpanjang AS.

Percakapan Biden dengan Bush melalui telepon itu hanya berlangsung singkat. Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, percakapan antara Presiden ke-43 dan ke-46 itu sangat hangat dan singkat.

Juru bicara Freddy Ford mengatakan, Bush -yang mengumumkan dimulainya perang pada 7 Oktober 2001- belum berkomentar apa-apa soal penarikan pasukan. Namun, pada dasarnya Bush tetap berkomitmen untuk menghormati dan mendukung para veteran pasca-9/11 dan memberdayakan wanita di Afghanistan melalui pekerjaan mereka di Institut Bush, seperti dikutip dari CNN, Rabu (14/4).

Sementara Obama menyambaut baik keputusan Biden. Ia mengatakan perang itu sudah terlalu lama, dan perang harus diakhiri.

"Presiden Biden telah membuat keputusan yang tepat dalam menyelesaikan penarikan pasukan AS dari Afghanistan," kata Obama dalam sebuah pernyataan beberapa saat setelah Biden membuat pernyataan publik pertamanya tentang keputusan tersebut.

"Sudah waktunya mereka pulang, perang sudah terlalu lama," katanya Obama, yang di akun media sosialnya mengucapkan pujian dan rasa terima kasih kepada semua tentara dan orang-orang yang berjuang bersama di Afghanistan.

Biden dalam pengumumannya pada Rabu (14/4) tentang penarikan pasukan, mengatakan bahwa penarikan akan dimulai pada 1 Mei, sejalan dengan kesepakatan yang dibuat oleh pemerintahan Presiden Donald Trump dengan Taliban.

"Dia (Biden) menghargai pendapat mereka (Obama dan Bush) dan ingin mereka berdua mendengar langsung darinya tentang keputusannya untuk menarik pasukan dari Afghanistan," kata Jen Psaki Rabu tentang panggilan Biden dengan Obama dan Bush yang dilakukan secara terpisah.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA