Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden Kirim Delegasi Ke Taiwan, China Meradang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 April 2021, 08:15 WIB
Biden Kirim Delegasi Ke Taiwan, China Meradang
Joe Biden/Net
rmol news logo Kunjungan delegasi yang dikirim oleh Presiden AS Joe Biden ke Taiwan membuat pemerintah China meradang. Mereka mengatakan bahwa Beijing dengan tegas menentang setiap kontak resmi antara Washington dan Taipei.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menyatakan keberatan dan desakan agar AS selalu mematuhi prinsip satu-China, salah satunya dengan cara menghindari kontak dengan Taiwan.

"Kami mendesak pihak AS untuk secara ketat mematuhi prinsip satu-China, tiga Komuni Gabungan China-AS, dan segera menghentikan segala bentuk kontak resmi antara AS dan wilayah Taiwan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada konferensi pers reguler, seperti dikutip dari CGTN Rabu (14/4).

Pernyataan itu muncul ketika Biden mengirim mantan senator AS Chris Dodd dan mantan wakil menteri luar negeri Richard Armitage dan James Steinberg untuk mengunjungi wilayah Taiwan.

Reuters melaporkan bahwa mereka telah tiba di wilayah tersebut dan akan bertemu dengan pejabat senior Taiwan, termasuk Presiden Tsai Ing-wen.

"AS harus menangani urusan Taiwan dengan hati-hati dan melarang mengirim sinyal yang salah kepada pasukan "kemerdekaan Taiwan" untuk menghindari kerusakan parah pada hubungan perdamaian China-AS dan stabilitas di seluruh Selat Taiwan," kata Zhao. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA