Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Blinken Resmi Punya Wakil Perempuan, Wendy Sherman Yang Jadi Negosiator Kesepakatan Nuklir Iran 2015

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 April 2021, 08:32 WIB
Blinken Resmi Punya Wakil Perempuan, Wendy Sherman Yang Jadi Negosiator Kesepakatan Nuklir Iran 2015
Wamenlu AS yang baru terpilih, Wendy Sherman/Net
Wendy Sherman, salah satu negosiator kesepakatan nuklir Iran 2015 akhirnya resmi menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri AS, setelah Senat mongkonfirmasi pemilihannya dalam sidang yang berlangsung pada Rabu (14/4) waktu setempat.

Pencalonan Sherman untuk menjadi orang nomor dua setelah Anthony Blinken disahkan dengan suara 56-42 dan datang pada saat ketegangan yang meningkat antara Israel dan Iran, dan pembicaraan baru antara Washington dan Teheran untuk memasuki kembali kesepakatan nuklir.

Sebagai salah satu kepala negosiator perjanjian nuklir Iran 2015, banyak senator menentang pengangkatannya. Namun, Komite Senat Hubungan Luar Negeri pertama kali memberikan suara 14-8 untuk menyetujui penunjukan pada 11 Maret lalu.

Sherman juga dikenal sebagai politisi yang keras dalam urusan China. Selama sidang konfirmasi, Sherman bahkan sempat mengungkapkan posisi garis kerasnya terkait dengan negara itu, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (14/4).

Dia mengatakan AS harus bersaing dengan China dan membela negara tersebut dalam masalah yang terkait dengan Laut China Selatan dan hak asasi manusia.

Sherman adalah koordinator kebijakan pemerintahan Clinton untuk Korea Utara dan menjabat sebagai wakil menteri luar negeri selama pemerintahan Obama.  

Setelah meninggalkan jabatannya di pemerintahan Obama, Sherman mengunjungi Taiwan pada akhir 2016 dan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen di Kantor Kepresidenan.
Menteri Luar Negeri Antony Blinken memberikan ucapan selamat kepada tekan kerjanya itu.

"Selamat kepada teman baik saya, Wendy Sherman, atas pengukuhannya sebagai Wakil kami. Kita semua harus sebagus tim yang ada di sekitar kita, dan saya senang Anda bergabung," katanya dalam cuitannya di Twitter pada Rabu (14/4). 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA