Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khawatir Covid-19 Melonjak Selama Ramadhan, WHO Minta Protokol Kesehatan Tetap Dipatuhi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 April 2021, 08:54 WIB
Khawatir Covid-19 Melonjak Selama Ramadhan, WHO Minta Protokol Kesehatan Tetap Dipatuhi
Gedung kantor pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan keprihatinan mereka, bahwa situasi pandemi Covid-19 di Timur Tengah dan Afrika Utara dapat memburuk selama bulan puasa Ramadhan berlangsung.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kekhawatiran itu beralasan. Kepala WHO untuk Mediterania timur yang berbasis di Kairo, Ahmed al-Mandhari, mengatakan bahwa kasus infeksi Covid yang terdeteksi di wilayah itu naik 22 persen minggu lalu, sementara kematian naik 17 persen.

Mandhari mengatakan situasi di wilayah yang luas itu mencerminkan "tren yang mengkhawatirkan".

"Kami sangat khawatir situasi saat ini dapat memburuk selama Ramadhan jika orang tidak mengikuti dan mematuhi langkah-langkah sosial yang terbukti berhasil," katanya dalam konferensi pers online, seperti dikutip dari AFP, Kamis (15/4).

“Tahun ini, seperti tahun lalu, orang mungkin merasa semangat Ramadhan berubah karena social distancing dan lockdown,” kata Mandhari, merujuk pada tradisi berkumpul selama Ramadhan.

"Tapi tindakan yang perlu dipertahankan untuk membantu mengatasi pandemi sejalan dengan prinsip dasar Islam: jaga kesehatan fisik Anda dan jangan menyakiti orang lain," ujarnya.

Mandhari juga mengatakan semua negara di kawasan itu telah menerima vaksin, tetapi yang memiliki akses paling terbatas adalah Yaman dan Suriah.

“Meskipun kemajuan telah dicapai dengan memulai vaksinasi di seluruh dunia, masih terdapat ketidakseimbangan yang mengejutkan dalam distribusi vaksin,” katanya.

 "Ini terutama berlaku di wilayah kami."

Di Yaman, di mana sekitar 14 juta dosis dijanjikan melalui program Covax yang bertujuan untuk memastikan akses yang adil ke vaksinasi Covid-19, hanya 360.000 yang telah dikirimkan.

Sementara, Dalia Samhouri, kepala regional kesiapsiagaan darurat WHO, mengatakan organisasi internasional berharap negara-negara melakukan penilaian risiko untuk mencegah penyebaran infeksi.

Dia menyarankan tindakan yang dapat diambil di sekitar masjid selama Ramadhan, termasuk menjaga jarak fisik, ventilasi, dan desinfeksi rutin.

"Orang yang merasa sakit disarankan tinggal di rumah, bersama orang tua dan penderita penyakit kronis," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA