Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Delegasi AS, Tsai Ing-wen Beberkan Komitmen Taiwan Jaga Perdamaian Indo-Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 15 April 2021, 12:12 WIB
Sambut Delegasi AS, Tsai Ing-wen Beberkan Komitmen Taiwan Jaga Perdamaian Indo-Pasifik
Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen/Net
rmol news logo Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyambut kunjungan para delegasi dari Amerika Serikat (AS) yang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden.

Mereka adalah mantan Senator AS Chris Dodd, serta dua mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Richard Armitage dan James Steinberg.

Di Kantor Kepresidenan pada Kamis (15/4), Tsai menyatakan kesiapan Taiwan untuk bekerja sama dengan AS dalam rangka mencegah manuver dan provokasi China.

"Kami sangat bersedia bekerja dengan negara-negara yang berpikiran sama, termasuk Amerika Serikat, untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas Indo-Pasifik dan mencegah manuver dan provokasi yang penuh petualangan," kata Tsai, seperti dikutip Reuters.

Tsai berjanji akan terus bekerja sama dengan AS untuk melawan "perang kognitif" dan informasi yang salah.

Dalam kesempatan tersebut, Dodd memberi tahu Tsai bahwa pemerintahan Biden akan menjadi teman tepercaya Taiwan, yang akan membantu pulau itu memperluas ruang internasionalnya dan mendukung investasinya dalam pertahanan diri.

Dodd juga menegaskan bahwa kemitraan AS dan Taiwan saat ini jauh lebih kuat dari sebelumnya, dibuktikan dengan kunjungan para delegasi.

Dalam beberapa bulan terakhir, Taiwan menghadapi ancaman agresivitas China. Hampir setiap harinya, angkatan udara China berada di dekat zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Di tengah kunjungan para delegasi AS, China juga mengumumkan akan memulai latihan tembak langsung selama lima hari di lepas pantainya yang menghadap ke Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA