Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersama AS, Australia Tarik Sisa Pasukannya Di Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 15 April 2021, 14:56 WIB
Bersama AS, Australia Tarik Sisa Pasukannya Di Afghanistan
Australia akan tarik pasukannya di Afghanistan/Net
rmol news logo Australia akan mengikuti langkah Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya untuk menarik pasukan dari Afghanistan.

Perdana Menteri Scott Morrison pada Kamis (15/4) mengatakan 80 pasukan Australia yang tersisa di Afghanistan akan ditarik pada September 2021.

"Sejalan dengan Amerika Serikat dan sekutu serta mitra lainnya, pasukan Australia yang tersisa akan meninggalkan Afghanistan pada September 2021," ujar Morrison, seperti dikutip Reuters.

Dalam sebuah momen, Morrison juga menyebutkan 41 nama tentara Australia yang gugur di Afghanistan. Sejak 2001, Australia telah mengerahkan lebih dari 39 ribu pasukan ke Afghanistan.

"Sementara kontribusi militer kami akan berkurang, kami akan terus mendukung stabilitas Afghanistan melalui kemitraan bilateral kami dan bekerja sama dengan negara-negara kami yang lain," kata Morrison.

"Australia tetap berkomitmen untuk membantu Afghanistan mempertahankan keuntungan dalam 20 tahun terakhir, terutama bagi wanita dan anak perempuan," imbuhnya.

Pada Rabu (14/4), Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa AS akan menarik 2.500 tentaranya yang masih berada di Afghanistan pada 11 September 2021, tepat 20 tahun setelah serangan 9/11.

Inggris juga telah mengumumkan menarik hampir 750 tentaranya di Afghanistan yang ikut berjuang bersama AS.

Penarikan itu dilakukan ketika pemerintah Afghanistan dan Taliban tengah mengadakan pembicaraan untuk mencoba mencapai penyelesaian politik guna mengakhiri konflik selama beberapa dekade. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA