Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Situasi Pandemi Covid-19 Makin Buruk, Brasil Minta Wanita Muda Tunda Kehamilan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 April 2021, 15:58 WIB
Situasi Pandemi Covid-19 Makin Buruk, Brasil Minta Wanita Muda Tunda Kehamilan
Sekretaris Kementerian Kesehatan, Raphael Câmara Medeiros Parente/Net
rmol news logo Kementerian Kesehatan Brasil telah meminta para kaum wanita, terutama yang masih muda, untuk menunda kehamilan jika memungkinkan.

Pernyataan itu dibuat oleh Pejabat Perawatan Primer Kementerian Kesehatan, Raphael Parente, mengingat situasi pandemi Covid-19 yang terus memburuk di negara itu.

“Jika memungkinkan, (tunda) kehamilannya sedikit, sampai saat yang lebih baik, saat Anda bisa hamil dengan lebih tenang,” kata Parente, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (17/4).

“Kita tahu pada saat Zika, selama satu atau dua tahun terjadi penurunan kehamilan di Brazil, lalu meningkat kembali," lanjutnya, merujuk pada virus Zika yang pernah melanda Brasil.

Di tengah wabah Zika yang parah di Brasil antara 2015 dan 2016, wanita yang mempertimbangkan untuk memiliki anak dalam periode tersebut menunda rencana karena takut bayi akan lahir dengan mikrosefali.

Pada 2016, Brasil memiliki angka kelahiran terendah dalam 21 tahun. Jumlah tersebut bertambah lagi tiga tahun kemudian, tepatnya pada 2019.

“Jelas bahwa kami tidak dapat mengatakan ini kepada seseorang yang berusia 42, 43 tahun,” kata Parente, “tetapi bagi seorang wanita muda, yang dapat memilih momen kehamilannya, hal terbaik sekarang adalah Anda menunggu sebentar sampai situasinya menjadi sedikit lebih tenang."

Pejabat kementerian membenarkan permintaannya dengan menjelaskan bahwa, menurut definisi, kehamilan menimbulkan risiko pembentukan gumpalan darah, atau trombosis.

 Covid-19 juga mendukung terjadinya trombosis, yang dapat membuat penyakit ini semakin berbahaya selama kehamilan.

Tahun lalu, CDC AS telah memperingatkan bahwa wanita hamil berisiko lebih besar mengembangkan bentuk serius Covid-19.

Rekomendasi tersebut sepertinya datang agak terlambat, mengingat saat Brasil telah mencatat rata-rata pergerakan di atas 3.000 kematian Covid-19 setiap hari.

Brasil sekarang memiliki lebih dari 366.000 kematian. Jumlah kasus Covid-19 yang dikonfirmasi mencapai 13,8 juta. Itu diperburuk dengan vaksinasi yang masih lambat, dengan hanya 5,3 persen penduduk yang diimunisasi lengkap, dengan dua dosis, dan sekitar 16 persen dengan hanya satu dosis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA