Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Ukraina, Inggris Kirim Kapal Perang Ke Laut Hitam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 18 April 2021, 10:38 WIB
Dukung Ukraina, Inggris Kirim Kapal Perang Ke Laut Hitam
Inggris akan kirim kapal perangnya ke Laut Hitam pada Mei 2021/Net
rmol news logo Inggris akan mengerahkan kapal perang Angkatan Laut Kerajaan ke Laut Hitam pada bulan depan sebagai bentuk solidaritas untuk Ukraina.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut seorang senior di angkatan laut, Inggris akan mengirim kapal perusak Tipe 45 yang dipersenjatai rudal anti-pesawat dan fregat Tipe 23 ant-kapal selam ke Laut Hitam melalui Bosphorus.

Selain itu, jet siluman RAF F-35B Lightning dan helikopter pemburu kapal selam Merlin akan bersiap bersama kapal induk HMS Queen Elizabeth di Mediterania.

Sunday Times melaporkan, penempatan militer itu dimaksudkan untuk menunjukkan solidaritas dengan Kiev dan sekutu NATO di wilayah tersebut.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dukungan atas kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina tidak tergoyahkan. Ia juga menyerukan Rusia untuk menurunkan ketegangan.

Namun pada 14 April, departemen navigasi dan oseanografi Kementerian Pertahanan Rusia merilis buletin yang menyatakan bahwa dari 24 April hingga 31 Oktober, tidak akan ada jalur melalui laut teritorial Rusia untuk kapal perang asing dan kapal negara lainnya di tiga wilayah perairan Laut Hitam.

Kementerian Luar Negeri Ukraina telah mengajukan protes kepada Moskow atas penutupan tersebut dan menyebutnya sebagai pelanggaran norma dan prinsip hukum internasional, karena Ukraina memiliki hak untuk pengiriman reguler di wilayah Laut Hitam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA