Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolaborasi Iwan Tirta-KBRI Seoul Tampilkan Diplomasi Batik “Indonesia To The World”

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/fadzri-try-utama-1'>FADZRI TRY UTAMA</a>
LAPORAN: FADZRI TRY UTAMA
  • Minggu, 18 April 2021, 16:28 WIB
Kolaborasi Iwan Tirta-KBRI Seoul Tampilkan Diplomasi Batik “Indonesia To The World”
Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi./KBRI Seoul
rmol news logo Rumah batik Iwan Tirta Private Collection bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Korea Selatan mempersembahkan ‘Indonesia to the World,' kampanye Diplomasi Batik untuk mempromosikan peran adikarya Batik dalam diplomasi Indonesia dengan negara sahabat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Acara ini dalam rangka memperingati hari lahir Iwan Tirta dan dukungan untuk untuk tahun 2021 sebagai Tahun Internasional untuk Ekonomi Kreatif bagi Pembangunan Berkelanjutan.

Kampanye Batik Indonesia to the World menampilkan Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi mengenakan kemeja batik dengan motif Ksatryan Gurdo Manggar yang menyiratkan pesan tentang harapan agar menjadi pemimpin yang tangguh dan mengayomi, sehingga tercapai kesuksesan di kemudian hari.

Sementara, Ibu Nila Umar Hadi mengenakan batik dengan motif Sawunggaling Parang, sebagai harapan untuk menjadi pribadi perempuan yang tekun dan anggun sekaligus bijaksana tidak hanya sebagai istri dan ibu, tetapi juga pemimpin di komunitasnya.

Sesi pemotretan dilakukan di beberapa lokasi landmark kota Seoul, ibukota Korea Selatan, termasuk Istana Gyeongbokgung, Istana Deoksogung dan Kedutaan Besar RI di Seoul.

“Nama Iwan Tirta sinonim dengan kemeja batik bergaya modern yang bangga dikenakan pria Indonesia setiap hari. Bagi kami sekeluarga, batik karya Iwan Tirta merupakan wearable arts (karya seni yang dapat dikenakan),” ujar  Umar Hadi dalam keterangan yang diterima Minggu (18/4).

KBRI Seoul selama ini memang gencar melakukan Diplomasi Ekonomi Kreatif melalui promosi subsektor Batik dan fashion. Bahakan, pada akhir 2020, KBRI Seoul menerima Rekor Dunia dari Museum Rekor Indonesia sebagai Perwakilan Republik Indonesia yang pertama melakukan pagelaran “Buy Batik, Wear The Art and Respect The Artist” untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah Batik dan memfasilitasi penjualan batik secara daring melebihi Rp1 miliar.

Ini dilanjutkan dengan pameran mini Hutan Batik Indonesia yang ditayangkan stasiun TV Arirang di Korsel menyambut Tahun Baru Korea 2021 (Seollal) dan kini melalui event Leaders Wear Iwan Tirta.

Sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, Nila Umar Hadi kerap menyelenggarakan kegiatan promosi budaya yang memperkenalkan potensi budaya dari 34 propinsi di Tanah Air .

“Sebagai tuan rumah, di Wisma Indonesia, kami memastikan untuk menampilkan karya-karya batik dalam bentuk dekorasi rumah, alat makan serta yang terpenting alat-alat pembuatan Batik seperti canting, cap, kain putih dan bahkan wajan tradisional untuk memanaskan lilin, sehingga tamu-tamu yang berkunjung dapat menyaksikan Teknik pembuatan Batik. Tujuannya agar setiap tamu asing seusai berkunjung dapat bring back a beautiful and unforgettable memory of Indonesia,” ujar Nila.

Kampanye Diplomasi Batik “Indonesia to the World” ini pertama kali diselenggarakan di masa pandemi.  Selama dua hari berturut-turut, pada 18 dan 19 April 2021, KBRI Seoul dan Iwan Tirta Private Collection serentak menayangkan konten promosi Batik di akun media sosial KBRI Seoul (@kbri_seoul) dan Iwan Tirta Private Collection (@iwantirta_batik).

Dalam video singkat sebagai puncak event Diplomasi Batik “Indonesia to the World”, Duta Besar Umar Hadi menyampaikan pesan agar semakin banyak generasi muda Indonesia yang dapat meneruskan jejak langkah, passion dan semangat almarhum Iwan Tirta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA