Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bertemu Rouhani, Menlu Serbia Berharap Proses Perdamaian Nuklir Iran Bisa Selesai Secepatnya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 19 April 2021, 06:02 WIB
Bertemu Rouhani, Menlu Serbia Berharap Proses Perdamaian Nuklir Iran Bisa Selesai Secepatnya
Pertemuan Menlu Serbia Nikola Selakovic dengan Presiden Hassan Rouhani/Net
Iran menegaskan dukungannya untuk persatuan nasional Serbia, bahkan Presiden  Hassan Rouhani menegaskan perlunya memperkuat kerja sama internasional antara Teheran dan Beograd.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Serbia Nikola Selakovic di Teheran pada Minggu (18/4), Rouhani mengatakan Iran siap untuk kerja sama dan kolaborasi ilmiah dengan Serbia dalam memerangi pandemi virus corona, menjaga perdamaian, stabilitas, keamanan, dan hidup berdampingan secara damai di Balkan.

Untuk melaksanakan hal-hal tersebut, tentu membutuhkan kerja sama dan upaya kolektif, kata Rouhani.

Merujuk pada sanksi ilegal AS selama tiga tahun terhadap Iran, Rouhani mengatakan, keinginan pemerintah AS yang baru untuk kembali ke JCPOA serta pencabutan sanksi, akan mnciptakan situasi baru bagi Iran.

Senada dengan Rouhani, Selakovic mengatakan bahwa Serbia selalu bertekad untuk menjalin hubungan persahabatan dengan Iran, termasuk mendukung proses perdamaian Rencana Aksi Komprehensif Bersama. Berharap agar persoalan itu segera selesai.

"Kami berharap masalah terkait kesepakatan (JCPOA) ini bisa diselesaikan secepatnya," ujar Selakivic, dikutip dari Iran Press, Minggu (18/4).

Dalam pertemuan yang hangat itu, Selaković menyampaikan salam dari Presiden Serbia yang sangat ingin mengunjungi Teheran dan akan melakukannya setelah pandemi usai.

Selakovic tiba di Iran pada Sabtu (17/4) untuk melakukan pertemuan dengan Menlu  Mohammad Javad Zarif, dan menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama antara Kementerian Luar Negeri kedua negara, kemudian menemui Rouhani.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA