Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ucapkan Selamat Atas HUT Kemerdekaan Zimbabwe, Rouhani Yakin Mnangagwa Mampu Hadapi Kesulitan Termasuk Sanksi AS

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 19 April 2021, 07:20 WIB
Ucapkan Selamat Atas HUT Kemerdekaan Zimbabwe, Rouhani Yakin Mnangagwa Mampu Hadapi Kesulitan Termasuk Sanksi AS
Hassan Rouhani dan Emmerson Mnangagwa/Net
Iran mendukung upaya Republik Zimbabwe dalam perjuangan melawan sanksi sepihak AS. Hal itu dikatakan  Presiden Iran Hassan Rouhani dalam ucapan selamat atas ulang tahun kemerdekaan Republik Zimbabwe kepada Presiden Emmerson Mnangagwa

Rouhani yakin, Zimbabwe dapat mengatasi masalah dan konsekuensi sanksi sepihak AS dengan perlawanan dan ketabahan dengan empat dekade kemerdekaannya.

"Saya yakin bahwa dengan empat dekade kemerdekaan, rakyat Zimbabwe dapat mengatasi masalah dan konsekuensi AS. Itu adalah sanksi sepihak yang juga dialami Iran," kata Rouhani, seperti dikutip dari Iran Press, Minggu (18/4)

Kemerdekaan yang diraih Zimbabwe adalah hasil perjuangan anti-kolonial dan anti-rasis, kata Rouhani.

"Saya memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas kesehatan dan kesuksesan Presiden Zimbabwe, dan untuk kehormatan rakyat Republik Zimbabwe,"  ujar Rouhani.

Zimbabwe memperoleh kemerdekaan resmi pada 18 April 1980. Pada 2003, AS menjatuhkan sanksi kepada negara itu sebagai tanggapannya atas kekerasan yang terjadi di negara di Afrika Selatan itu.

Kekerasan yang didukung pemerintah, yang mengancam keamanan regional, membuat AS mengambil tindakan segera dengan memberlakukan sanksi keuangan yang ditargetkan terhadap individu dan entitas yang bertanggung jawab atas praktik tidak demokratis dan pelanggaran hak asasi manusia.

Juga memberlakukan pembatasan perjalanan terhadap individu tertentu, larangan transfer barang dan layanan pertahanan, dan penangguhan bantuan non-kemanusiaan antar pemerintah.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA