Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Wakil Presiden AS Walter Mondale Meninggal Dunia Di Usia 93 Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 20 April 2021, 16:40 WIB
Mantan Wakil Presiden AS Walter Mondale Meninggal Dunia Di Usia 93 Tahun
Walter Mondale/Net
rmol news logo Wakil Presiden AS era Jimmy Carter, Walter Mondale, meninggal dunia di Minneapolis pada Senin (19/4) waktu setempat. Anak desa yang tumbuh menjadi jaksa agung, senator AS, wakil presiden, dan calon presiden dari Partai Demokrat, ini meninggal di usia 93 tahun.

Keluarga Mondale merilis sebuah pesan yang ditulis sebelum kematiannya, di mana dia mengatakan ingin segera bertemu dengan mendiang istrinya Joan.

"Ya, waktu saya telah tiba. Saya sangat ingin bergabung kembali dengan Joan dan Eleanor," tulis Mondale dalam pesannya, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/4).

Semasa hidupnya, Mondale yang seorang Demokrat pernah mencalonkan diri dan kalah telak dari Ronald Reagan dalam pemilihan presiden 1984. Saat itu, dia menjadi presiden partai besar AS pertama yang memilih calon wakil presiden wanita.

Lahir di kota pertanian kecil Ceylon, Tepat di utara perbatasan Iowa, pada 5 Januari 1928, dia adalah putra seorang pendeta Metodis, Theodore Mondale, dan seorang guru musik paruh waktu, Claribel.

Dikenal luas dengan nama sebutan 'Fritz', Mondale percaya pada pemerintahan aktivis dan bekerja untuk hak-hak sipil, integrasi sekolah, perlindungan konsumen dan pertanian dan kepentingan buruh sebagai senator dan wakil presiden AS selama masa kepresidenan satu periode Carter yang bermasalah dari 1977 hingga 1981.

Mondale juga sempat menjabat sebagai duta besar AS untuk Jepang dari 1993 hingga 1996 di bawah Bill Clinton.

Karir politik Mondale dimulai ketika dirinya menjabat sebagai anggota Senat AS pada tahun 1964, hingga akhirnya ia terpilih sebagai wakil presiden dalam kemenangan Carter tahun 1976 atas petahana Partai Republik Gerald Ford, yang menjadi presiden setelah Nixon mengundurkan diri pada tahun 1974 karena skandal korupsi Watergate.

Mondale menjadi wakil presiden yang lebih terlibat daripada banyak orang sebelumnya. Dia memainkan peran kunci dalam menopang hubungan yang terkadang berantakan antara Gedung Putih Carter dan Kongres yang dikendalikan Demokrat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA