Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum KTT ASEAN, Indonesia Akan Berembuk Dengan Malaysia Dan Brunei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 21 April 2021, 08:13 WIB
Sebelum KTT ASEAN, Indonesia Akan Berembuk Dengan Malaysia Dan Brunei
Menteri Luar Negeri Malaysia Hishamuddin Hussein/Net
rmol news logo ASEAN akan menggelar pertemuan puncak untuk membahas situasi yang terjadi di Myanmar pada 24 April. Pertemuan sendiri dilakukan di Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Namun sebelum KTT ASEAN digelar, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Malaysia Hishamuddin Hussein, dan Menteri Luar Negeri Brunei Darrusalam Haji Erywan akan bertemu lebih awal pada Kamis (22/4).

Setelah itu, pada Jumat  (23/4), 10 menlu ASEAN akan melakukan pertemuan tatap muka.

Hal itu diungkap oleh Menlu Hishamuddin dalam pernyataan tertulisnya pada Selasa (20/4).

Lewat pernyataan itu, Hishamuddin mengatakan, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin akan menghadiri KTT ASEAN.

"Perdana Menteri telah menerima surat undangan ke pertemuan ini dari Baginda Sultan Hassanal Bolkiah sendiri pada 17 April lalu. Perdana Menteri membalas surat Baginda pada 19 April untuk menyatakan kesediaan beliau untuk hadir ke pertemuan tersebut," ujar Hishamuddin.

Di KTT ASEAN, Muhyiddin akan menyuarakan kembali posisi Malaysia atas situasi di Myanmar yang pernah ia kemukakan pada 19 Maret lalu.

Pertama, pembebasan segera dan tanpa syarat para pemimpin politik yang ditahan di Myanmar. Kedua, menghentikan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil yang tidak bersenjata.

Lalu ketiga, memberikan ruang untuk berunjuk rasa yang aman dan kebebasan bersuara. Keempat, kembali ke meja perundingan dan menghentikan peningkatan ketegangan.

Kemudian kelima, menjamin akses terhadap bantuan kemanusiaan demi kesehatan dan kesejahteraan warga Myanmar. Dan terakhir, memulangkan pengungsi Rohingya ke Rakhine secara  aman, sukarela, dan bermartabat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA