Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Ini Ratu Elizabeth II Berulang Tahun Ke-95, Jadi Raja Terlama Dan tertua Di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 April 2021, 09:04 WIB
Hari Ini Ratu Elizabeth II Berulang Tahun Ke-95, Jadi Raja Terlama Dan tertua Di Dunia
Ratu Elizabeth II saat pemakaman sang suami/Net
rmol news logo Ratu Elizabeth II berulang tahun ke-95 pada hari ini Rabu (21/4). Ini menjadi ulang tahunnya yang sepi tanpa belahan jiwanya, Pangeran Philip, yang setia mendampinginya selama tujuh dekade.

Duke of Edinburg yang dinikahi Elizabeth pada 1947, meninggal dunia, Jumat, 9 April 2021. Ia sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Para bangsawan memberikan penghormatan terakhir mereka pada pemakamannya, Sabtu lalu, di Kastil Windsor.

Elizabeth akan berada di kastil untuk melewati pergantian usianya. Sejak pandemi, ulang tahun Ratu praktis tanpa perayaan apa pun. Kali ini, juga karena pandemi dan ditambah masih dalam suasana berkabung, uang tahunnya akan dilewati dengan sedikit atau bahkan tanpa upacara apa pun, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (21/4).

Kematian Philip telah merampas kebersamaan Elizabeth dari orang terdekat dan paling terpercaya, yang telah berada di sampingnya selama 69 tahun pemerintahannya yang memecahkan rekor sebagai raja tertua dan terlama di dunia.

Itu juga datang tepat ketika dia bergulat dengan salah satu krisis paling parah yang menimpa keluarga kerajaan dalam beberapa dekade - tuduhan rasisme dan pengabaian oleh cucunya Pangeran Harry dan Meghan, istrinya yang orang Amerika.

Berbagai media telah melaporkan bahwa anggota keluarga akan mengunjungi ratu selama beberapa hari mendatang untuk memastikan bahwa dia tidak ditinggalkan sendirian saat berduka atas almarhum suaminya.

Seorang juru bicara Istana Buckingham menolak berkomentar, mengatakan semua urusan keluarga setelah pemakaman akan bersifat pribadi.

Elizabeth, yang lahir pada 21 April 1926, di Bruton Street, London pusat, tumbuh besar tanpa menyangka akan menjadi ratu. Ayahnya, George VI, mengambil mahkota ketika kakak laki-lakinya Edward VIII turun tahta pada tahun 1936 untuk menikahi janda Amerika, Wallis Simpson.

Dia naik tahta pada tahun 1952 pada usia 25 tahun, dan melampaui nenek buyutnya Ratu Victoria sebagai raja terlama yang memerintah Inggris pada bulan September 2015.

Elizabeth juga merupakan ratu dari 15 bekas jajahan Inggris termasuk Kanada, Australia dan Selandia Baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA