Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdalam Persahabatan Beijing-Riyadh, Xi: China Selalu Mendukung Saudi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 April 2021, 09:14 WIB
Perdalam Persahabatan Beijing-Riyadh, Xi: China Selalu Mendukung Saudi
Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden China Xi Jinping terlibat diskusi hangat dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) pada Selasa (20/4). Sejumlah topik kerja sama dibahas selama keduanya terlibat percakapan telepon, dari mulai ekonomi hingga perubahan iklim.

Terkait kerja sama iklim, Xi kepada MBS menyerukan upaya bersama kedua negara untuk mendorong implementasi Perjanjian Paris yang komprehensif dan efektif tentang perubahan iklim sesuai dengan prinsip tanggung jawab bersama.

"Perubahan iklim dan pandemi Covid-19 adalah tantangan utama yang dihadapi umat manusia dan harus ditangani dengan tanggapan kolektif oleh semua negara dalam kerangka multilateral," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (20/4).

Pihak China, katanya, mendukung proposal dan tindakan Arab Saudi untuk mempromosikan tata kelola iklim global dan pembangunan berkelanjutan. Juga  siap bekerja dengan komunitas internasional untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Xi mencatat bahwa selama beberapa tahun terakhir, hubungan bilateral antara China dan Arab Saudi  telah mengalami perkembangan yang komprehensif, dengan rasa saling percaya yang semakin dalam.

"Kedua negara telah menjadi teman baik, mitra yang baik dan saudara yang baik yang saling percaya dan berkomitmen untuk kerja sama yang saling menguntungkan dan pembangunan bersama," ujarnya.

"China siap bekerja dengan Arab Saudi untuk membangun pola kerja sama tingkat tinggi yang mencakup bidang-bidang seperti energi, ekonomi, perdagangan dan teknologi tinggi, dan memperdalam koordinasi dalam urusan internasional dan regional, untuk mengangkat China- Kemitraan strategis komprehensif Arab Saudi ke level baru," kata Xi.

Di sela diskusi, Xi sempat meminta MBS untuk menyampaikan salam hangatnya kepada Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

MBS menyambut baik apa yang dikatakan Xi. Ia mengatakan Saudi bersedia bekerja sama dengan China untuk memperdalam persahabatan dan rasa saling percaya antara kedua negara.

"China adalah saudara baik yang dapat dipercaya dan mitra strategis penting Arab Saudi," kata MBS, seperti dikutip dari Xinhua. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA