Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beri Ucapan Terima Kasih Pada George Floyd, Nancy Pelosi Tuai Kritikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 21 April 2021, 14:24 WIB
Beri Ucapan Terima Kasih Pada George Floyd, Nancy Pelosi Tuai Kritikan
Ketua DPR AS Nancy Pelosi/Net
rmol news logo Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi menuai banyak kritik atas pernyataannya terkait dengan kasus George Floyd.

Pada Selasa (20/4), Derek Chauvin, polisi kulit putih, telah dinyatakan bersalah atas tiga dakwaan pembunuhan terhadap George Floyd, pria kulit hitam.

Tahun lalu, tepatnya 25 Mei 2020, Chauvin menangkap Floyd yang dituding menggunakan uang 20 dolar AS palsu di sebuah toko. Ia kemudian memborgol Floyd dan menekan lututnya ke leher pria tersebut selama lebih dari 9 menit.

Chauvin tidak melepaskan lututnya meski Floyd mengerang dan mengaku tidak bisa bernapas.

Kematian Floyd memicu protes massal di sejumlah kota besar di Amerika Serikat, di mana para demonstran mengecam kebrutalan polisi dan menuntut keadilan bagi orang kulit hitam.

Setelah putusan pengadilan, Pelosi mengadakan konferensi pers dan memuji keputusan para juri. Ia menyebutnya sebagai langkah ke arah yang benar untuk keadilan.

Pelosi kemudian menyampaikan terima kasihnya kepada Floyd, yang ia anggap telah berkorban untuk keadilan.

"Terima kasih George Floyd karena telah mengorbankan hidup Anda demi keadilan," kata Pelosi, seperti dikutip dari The Times.

Pernyataan tersebut lah yang menuai kritikan pedas di media sosial.

Bahkan berbagai kritikan menggiring pendapat bahwa Ketua DPR harus diisi oleh seseorang dari kulit hitam.

“Komentar Parlemen Pelosi tentang George Floyd sama sekali tidak pantas. Setidaknya, dia harus meminta maaf,"  ujar anggota legislatif Georgia dari Demokrat, Josh McLaurin.

"Tapi lebih dari itu, saya pikir kesalahan menjelaskan seberapa besar negara ini akan mendapat manfaat dari Ketua DPR Hitam," tambahnya.

Sejauh ini, Perwakilan Kulit Hitam Hakeem Jeffries, dipandang sebagai calon yang tepat untuk menggantikan Pelosi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA