Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kirim Vaksin Covid-19 Gelombang Kedua Ke Gabon, China: Terima Kasih Sudah Memvaksinasi Warga Kami Di Sana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 April 2021, 14:42 WIB
Kirim Vaksin Covid-19 Gelombang Kedua Ke Gabon, China: Terima Kasih Sudah Memvaksinasi Warga Kami Di Sana
Republik Gabon menerima gelombang pertama vaksin Sinopharm pada 12 Maret 2021/Net
rmol news logo Pemerintah China akan mengirimkan kembali vaksin Covid-19 mereka ke Gabon, dalam rangka membantu negara Afrika itu untuk mengalahkan pandemi sesegera mungkin.

Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, menyampaikan hal itu saat melakukan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Gabon, Pacome Moubelet-Boubeya, pada Selasa (20/4) waktu setempat.

Wang mengatakan, sejak terjadi wabah Covid-19, China telah menawarkan dukungan kuat kepada Gabon untuk melawan pandemi, mengirim banyak pasokan medis dan berbagi pengalaman anti-pandemi dengan negara.

Pada kesempatan yang sama, Wang juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Gabon karena menyertakan warga China yang berada di negara itu dalam program inokulasi vaksinnya.

Untuk membalasnya, Wang berjanji akan memvaksinasi warga negara Gabon yang berada di China.
Sebelumnya, gelombang pertama vaksin Sinopharm yang disumbangkan China telah tiba di Libreville, ibu kota Gabon pada 12 Maret 2021.
Wang mencatat bahwa Selasa menandai peringatan 47 tahun pembentukan hubungan diplomatik China-Gabon.

"Selama 47 tahun terakhir, persahabatan tradisional antara kedua negara terus diperdalam karena mereka memperlakukan satu sama lain secara setara dengan ketulusan dan persahabatan serta tetap berkomitmen untuk kerja sama yang saling menguntungkan dan pembangunan bersama," kata Wang, seperti dikutip dari CGTN, Rabu (21/4).

"China berterima kasih kepada pihak Gabon karena menawarkan dukungan kuat pada masalah-masalah yang menyangkut kepentingan inti China dan akan selalu memandang Gabon sebagai mitra kerja sama yang dapat dipercaya," katanya, seraya menambahkan bahwa negaranya dengan tegas mendukung Gabon dalam mengejar jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya.

"China bersedia memperkuat koordinasi dengan Gabon pada kesempatan multilateral untuk dengan sungguh-sungguh menjaga kepentingan bersama China dan Gabon, China dan Afrika, serta negara-negara berkembang dan menjunjung kesetaraan dan keadilan internasional," ujarnya.

Menlu Moubelet-Boubeya memberi selamat kepada China atas kemenangan menentukannya melawan Covid-19 dan berterima kasih karena menawarkan pasokan dan bantuan vaksin kepada Gabon.

"Pengalaman pembangunan China sangat berharga untuk dipelajari," kata Moubelet-Boubeya.

Di akhir diskusi, Moubelet-Boubeya mencatat bahwa negaranya sangat mendukung upaya China untuk menjaga kedaulatan nasionalnya, kepentingan keamanan dan pembangunannya. Dia juga berjanji akan melakukan segala upaya untuk mendorong hubungan Gabon-China dan hubungan Afrika-China ke level hubungan baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA