Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Siap Bantu Kendalikan Krisis Covid-19 India Yang Semakin Parah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 23 April 2021, 06:55 WIB
China Siap Bantu Kendalikan Krisis Covid-19 India Yang Semakin Parah
Petugas memegang pemberitahuan yang mengumumkan kekurangan pasokan vaksin Covid-19 di pusat vaksinasi, di Mumbai, India/Net
rmol news logo Krisis Covid-19 yang semakin parah di India tak luput dari perhatian penjuru dunia, termasuk China.

Lewat pernyataan Juru Bicara Menteri Luar Negeri China Wang Wenbin, Beijing menunjukkan kepeduliannya dengan  menyatakan mereka bersedia memberikan dukungan apa pun untuk mengendalikan lonjakan wabah virus corona di negara terpadat kedua di dunia itu.

"China telah memperhatikan lonjakan kasus Covid-19 baru-baru ini di India dan bersedia memberikan dukungan yang diperlukan untuk membantu India mengendalikan wabah baru-baru ini," kata Wang, seperti dikutip dari CGTN, Kamis (22/4).

India menandai tonggak suram dalam pandemi Covid-19 pada hari Kamis. Mereka melaporkan 314.835 kasus harian baru, penghitungan satu hari tertinggi di dunia, ketika gelombang kedua dan lonjakan serupa di tempat lain menimbulkan ketakutan baru tentang kemampuan layanan kesehatan untuk mengatasi situasi tersebut.

Laporan terbaru menunjukkan, rumah sakit di India utara dan barat termasuk ibu kota, New Delhi, telah mengeluarkan pemberitahuan yang mengatakan bahwa mereka hanya memiliki beberapa jam oksigen medis yang diperlukan untuk menjaga pasien Covid-19 tetap hidup.

Lebih dari dua pertiga rumah sakit tidak memiliki tempat tidur kosong, menurut database online pemerintah Delhi, dan dokter menyarankan pasien untuk tinggal di rumah.

"Situasinya sangat kritis," kata Dr Kirit Gadhvi, presiden asosiasi medis di kota Ahmedabad barat, kepada Reuters.

"Pasien berjuang untuk mendapatkan tempat tidur di rumah sakit Covid-19. Ada kekurangan oksigen yang akut," ujarnya.

Krutika Kuppalli, asisten profesor di Divisi Penyakit Menular, Universitas Kedokteran Carolina Selatan di Amerika Serikat, mengatakan di Twitter bahwa krisis tersebut menyebabkan runtuhnya sistem perawatan kesehatan.

Rekor kenaikan satu hari sebelumnya dalam kasus dipegang oleh Amerika Serikat, yang memiliki 297.430 kasus baru dalam satu hari di bulan Januari, meskipun penghitungannya telah menurun tajam.

Total kasus India sekarang mencapai 15,93 juta, sementara kematian naik 2.104 menjadi total 184.657, menurut data kementerian kesehatan terbaru.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.