Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Dorong Penyelesaian Perundingan Batas ZEE Dengan Vietnam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 23 April 2021, 22:47 WIB
Jokowi Dorong Penyelesaian Perundingan Batas ZEE Dengan Vietnam
Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh dan Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh di Istana Bogor pada Jumat (23/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kunjungan Pham Minh Chinh sendiri bertujuan untuk menghadiri ASEAN Leaders Meeting (ALM) terkait situasi Myanmar di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu (24/4).

Dalam pertemuan bilateral, Jokowi mendorong dipercepatnya perundingan perbatasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) kedua negara.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, perundingan tersebut telah berlangsung selama 11 tahun dan belum mencapai penyelesaian.

"Presiden menyarankan agar tim teknis kedua negara dapat segera berunding kembali dan menyelesaikan negosiasi," ujar Retno dalam keterangan persnya seusai pertemuan.

Retno menyebut, Jokowi menekankan pentingnya penyelesaian perundingan tersebut untuk memberikan kejelasan mengenai wilayah ZEE masing-masing, sehingga dapat mengurangi insiden kapal-kapal nelayan.

"Serta menekankan pentingnya klaim ZEE batas negara harus diselesaikan berdasarkan hukum internasional, yaitu UNCLOS 1982," tambah dia.

Selain membahas perundingan perbatasan, Jokowi juga mendorong agar Vietnam dan Indonesia dapat memperkuat kerja sama kesehatan dan ekonomi untuk sama-sama keluar dari pandemi Covid-19.

Jokowi juga terlebih dulu menyampaikan ucapan selamatnya kepada Pham Minh Chinh yang baru saja dilantik sebagai Perdana Menteri Vietnam pada 5 April lalu.

Vietnam sendiri merupakan sahabat dan mitra strategis Indonesia di kawasan Asia Tenggara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA